Resep Ayam Bacem Khas Yogyakarta - MAHI

Resep Ayam Bacem Khas Yogyakarta, Menu Sehari-Hari yang Nikmat

Simpan ke bagian favorit

Selain tempe dan tahu, ayam adalah pilihan paling tepat untuk dibacem. Selain mudah tentunya lezat! Yuk, simak resep ayam bacem berikut ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Maddie|Mei 17, 2020

Meski makanan yang digoreng seolah lebih populer di Indonesia, maka tidak heran kalau masih ada yang bertanya-tanya soal yang satu ini. Kok, hasilnya cokelat begini tapi dimasaknya bagaimana, ya. Sementara lezatnya tidak kalah dengan makanan yang digoreng atau dibakar. Itulah keunikan gaya masak yang satu ini. Kali ini, aku sudah siapkan resep ayam bacem sederhana dan mudah untuk kamu coba!

Tiap kali berkunjung ke kedai nasi uduk favorit di pagi hari, aku selalu jadi ingin mencoba semua hal. Kalau sedang ada harinya untuk memanjakan diri setelah menjaga kesehatan seminggu penuh, akhir minggu memang cocok kalau ingin makan agak bebas. Padahal nasinya saja sudah uduk dan belum kalau ada pilihan semur jengkol atau lain sebagainya yang enak-enak. Tapi setidaknya kalau mau yang lebih aman, selalu ada pilihan makanan yang dibacem.

Mungkin kamu lebih akrab dengan pilihan tempe atau tahu bacem. Rasanya manis, meresap nikmatnya hingga ke dalam, dan cocok dimakan begitu saja bersama nasi hangat. Apalagi kalau tersedia sambal terasi ataupun sambal dadak biasa. Hanya ada lalapan segar saja rasanya sudah bahagia banget. Tapi itulah prinsip kesederhanaan, terlebih kalau jenis makanannya pun yang mengandung banyak nutrisi. Bahkan untuk resep semur ayam saja akan semakin bernutrisi bila dipadukan dengan tahu.

Untuk padanan dagingnya kali ini aku ingin mengenalkan resep ayam bacem yang enak. Awalnya sendiri aku sempat ragu kalau mencoba memasak bacem karena khawatirnya repot dan memakan banyak waktu. Bahan-bahannya memang cukup banyak tapi ternyata prakteknya sendiri cukup sederhana. Jadi kamu tidak perlu khawatir ada banyak kegiatan terpisah yang harus dilakukan hanya untuk memasak satu makanan. Benar-benar cukup menghaluskan bahan dan memasaknya hingga matang.

Bumbu-bumbu inilah yang menghasilkan rasa manis dan gurih. Karena dimasak dengan api kecil hingga surut maka bumbu bisa meresap hingga ke dalam ayam. Kalau sudah memasak bacem begini, sayang kalau tidak membuat versi telur, tempe, maupun tahunya juga. Untuk penyelesaian sendiri memang lazimnya digoreng, tapi kusarankan agar kamu memanggangnya saja. Dengan begini, ayam memiliki cita rasa smokey yang khas dan pasti membuat kamu ingin tambah terus makannya. Agar seimbang, jangan lupakan juga menyiapkan lalapan mentah ataupun rebus, ya!

Bahan-bahan

Bahan

  • 1 ekor daging ayam, potong 4 bagian, buang kulit
  • 200 g gula merah
  • 5 cm lengkuas, geprek
  • 3 lembar daun salam
  • 600 ml air kelapa
  • 5 sdm minyak

Bumbu halus

  • 10 butir kemiri
  • 8 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah

Bumbu olesan

Cara membuat

1

Masak daging ayam, bumbu halus, gula merah, lengkuas, daun salam, garam, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis bersama air kelapa.

2

Rebus hingga mendidih lalu kecilkan api, tunggu hingga air surut atau hampir habis. Angkat dan biarkan hingga tidak panas.

3

Panaskan minyak, panggang ayam bacem di atas wajan pemanggang sambil olesi dengan campuran margarin dan Bango Kecap Manis.

4

Sajikan bersama nasi hangat, lalapan, dan sambal.

Jangan kuatir memasak banyak jenis bacem secara bersamaan karena selera di keluarga berbeda-beda. Karena pilihan lebih banyak, malah bisa-bisa satu keluarga bakal terdorong menyatukan semua dalam satu piring bersama sambal terasi. Wah sedap ya terdengarnya! Siap mencoba di dapur?


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/detail/630/ayam-bacem

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.