Cara Membuat Tongseng Sapi Mercon Bikin Nagih - MAHI
Mangkuk besar berisikan hasil cara membuat tongseng sapi.

Cara Membuat Tongseng Sapi Mercon yang Nagih Abis

Temani acara santap sate bareng teman atau keluarga di rumah dengan skill cara membuat tongseng sapi mercon ini. Pedas nikmatnya bikin nagih!
Mangkuk besar berisikan hasil cara membuat tongseng sapi.
Rian Farisa | Des 09, 2022

Kurang lengkap rasanya bersantap sate sapi atau kambing tanpa kehadiran tongseng. Cita rasa manis, gurih, dan pedas dari tongseng sungguh menggugah selera, Terlebih lagi saat kuahnya bercampur dengan nasi hangat, satu per satu potongan daging sate terasa lebih nikmat lagi saat disantap. Untuk kamu yang penasaran soal cara membuat tongseng sapi yang enak, Masak Apa Hari Ini punya jurus yang bisa dicoba, lho! Makanya, simak dulu kenapa, yuk! 

Cara Membuat Tongseng Sapi dan Bedanya dengan Gule 

Sering memesan tongseng dan gule di warung sate tapi penasaran soal apa bedanya? Ini wajar, karena kedua hidangan ini punya tampilan yang setipe tapi rupanya tak sama. Ini belum lagi kalau kita bahas juga soal tengkleng, tapi mari disimpan dahulu resep yang satu itu untuk lain waktu. 

Well, yang jelas untuk kamu penggemar daging saja, maka tongseng adalah pilihan yang tepat. Mengapa? Karena biasanya gule berisikan macam-macam jeroan sapi atau kambing, yang tentu jadi incaran para penggemar hardcore-nya. Untuk yang lebih ringan, tentu daging jadi pilihan. Apalagi ada tambahan sayuran berupa tomat dan kol. Lezat, tapi ada unsur sehatnya sekaligus punya tekstur. Nggak bikin bosen, deh, makan tongseng! 

Tongseng biasanya dimasak dadakan seperti tahu bulat. Hal ini berbeda dengan gule yang punya proses memasak lebih panjang. Kemudian, kamu juga tidak perlu selalu menambahkan santan saat memasak tongseng. Tapi, khusus resep berikut akan menggunakannya. Lain halnya juga dengan gule yang wajib ada santan di dalamnya. 

Lalu, bagaimana soal cara membuat tongseng sapi? Mudah saja, karena ada Bango Bumbu Kuliner Nusantara Tongseng Khas Solo yang cita rasanya pekat dari aneka bumbu dan rempah. Kamu jadi bisa berhemat bahan sekaligus proses masak menjadi lebih singkat. Cukup tambahkan bahan-bahan aromatik seperti daun jeruk, daun salam, dan serai. Padukan dengan santan dan cabai rawit agar rasa pedasnya lebih nendang 

Sekarang, siapkan bahan-bahannya, yuk, dan mulai meraciknya! Jangan lupa sempatkan mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya! 

Bahan

4
Porsi
400
g daging sapi bagian has luar, iris tebal
600
ml air
65
ml santan instan
3
lembar daun jeruk
2
lembar daun salam
1
batang serai, memarkan
10
buah cabai rawit merah, tumbuk kasar
100
g kol, potong kasar
100
g tomat, potong kasar

Pelengkap

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis daun jeruk, daun salam, dan serai hingga harum. Masukkan daging sapi, aduk hingga kaku.  

2

Tuang air, masak hingga mendidih. Masukkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Tongseng Khas Solo dan santan. Tambahkan cabai rawit ulek, masak hingga cabai matang. 

3

Tambahkan kol dan tomat, masak hingga layu. Angkat. Sajikan bersama Bango Kecap Manis

Bahan-bahan

Bango Bumbu Tongseng Khas Solo
Bango Bumbu Tongseng Khas Solo

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis