Cara Membuat Teh Poci Jawa dengan Gula Batu - MAHI
Hasil cara membuat teh poci tengah dituangkan ke dalam cangkir.

Cara Membuat Teh Poci Jawa dengan Lemon dan Gula Batu

Ingin tahu cara membuat teh poci praktis dan menyegarkan a la MAHI untuk sore nanti? Ikuti resep rahasianya berikut ini, yuk!
Hasil cara membuat teh poci tengah dituangkan ke dalam cangkir.
Rian Farisa | Des 30, 2022

Bayangkan momen-momen kamu tengah berlibur atau mudik ke Jawa. Sore hari tiba, udara yang seharian panas tetiba menjadi lebih sejuk, satu per satu gorengan dan camilan lainnya dipersiapkan, dan keluarga menanti satu hal yang melengkapi. Apakah itu? Teh manis hangat untuk menemani keceriaan dan canda tawa bersama. Meskipun momen mudik atau liburan mungkin masih jauh, kamu bisa, kok, coba mengulik cara membuat teh poci sendiri di rumah. 

Wah, bagaimana caranya? Sebelum masuk ke sana, ada cara praktis sekaligus tak kalah enaknya dari teh poci asli. Simak berikut ini, ya 

Cara Membuat Teh Poci Jawa Gaya MAHI 

Tak selalu semua rumah tangga mempersiapkan teh asli Jawa di rumahnya untuk napak tilas pengalaman minum teh poci saat dahulu liburan ke sana. Untuk kamu yang sehari-harinya hobi menikmati SariWangi Teh Asli, maka ada cara cerdas agar pengalaman menikmatinya di rumah tak kalah otentik, bahkan ada sentuhan baru yang menyegarkan. 

Tugas pertama adalah mempersiapkan poci tanah liat terlebih dahulu. Beruntung hidup di zaman sekarang karena poci semacam ini mudah didapat dari banyak toko online. Kalau dahulu, mungkin hanya bisa didapat dari pengrajin aslinya di daerah. Kedua, kamu tidak perlu menggunakan daun teh seperti biasanya, karena dengan SariWangi Teh Asli kamu cukup mencelupkannya ke dalam poci yang berisi air mendidih. Untuk satu pocinya cukup sebanyak empat kantung bila ingin sesuai resep dari Masak Apa Hari Ini. Kalau ingin lebih pekat, boleh-boleh saja menambahkan jumlah tehnya. Karena menggunakan teh kantung, maka kamu tidak perlu khawatir akan adanya daun teh yang ikut tertelan. 

Lanjutkan dengan menyiapkan beberapa butir gula batu pada cangkir dan setelah teh dituang, beri perasan jeruk lemon untuk sensasi segar semriwing yang menyenangkan. Lengkap sudah pengalaman minum teh poci bareng keluarga. Jangan ketinggalan menikmati gorengan selagi hangat, ya 

Sekarang, siapkan semuadan mulai meracik teh-nya, yuk! Jangan lupa sempatkan mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya! 

Bahan

4
Porsi
1
L air mendidih
1
buah lemon, belah memanjang 8 bagian
100
g gula batu

Cara membuat

1

Siapkan poci yang sudah dibilas dengan air panas.  

2

Masukkan SariWangi Teh Asli ke dalam poci. Tuang air mendidih. Tutup poci. Biarkan selama 3-menit. 

3

Siapkan cangkir yang sudah diisi dengan gula batu. Tuang SariWangi Teh Asli ke dalam cangkir. 

4

Sajikan dengan perasan air jeruk lemon.  

Bahan-bahan

SariWangi Teh Asli 
SariWangi Teh Asli