Jenis Masakan


Resep Kolak Pisang Milk Tea, Paling Nikmat Disajikan Saat Ramadan

Simpan ke bagian favorit

Sedang mencari resep kolak yang berbeda? Nah, kolak pisang milk tea ini adalah jawaban untuk para pencinta sajian takjil tradisional. Yuk, dicoba resepnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Dilla|April 13, 2020

Ada yang berbeda dari resep kolak pisang yang ingin aku sajikan kali ini. Sajian ini terinspirasi dari cita rasa manis legit SariWangi Milk Tea. Tak disangka sangat cocok dijadikan sebagai perpaduan kuah kolak pisang yang sejatinya adalah santan.

Komposisi SariWangi Milk Tea Teh Tarik mendominasi cita rasa kolak namun sama sekali tak menghilangkan rasa kolak yang sangat khas dan otentik. Seperti sebuah keharusan di dapur Indonesia, kolak pisang adalah salah satu takjil yang wajib ada di meja saji buka puasa. Selain lebih praktis, kolak pisang milk tea memberikan warna baru pada sajian buka puasa di rumah tahun ini.

Salah satu tips bikin kolak pisang enak adalah pemilihan pisang sebagai bahan utamanya. Pilih pisang yang sudah matang tapi tidak terlalu empuk supaya tidak lembek saat dimasak. Pisang yang digunakan bisa jenis pisang tanduk, pisang raja, atau pisang nangka. Hindari memilih pisang yang masih mentah atau keras karena cita rasanya masih hambar bahkan sepat.

Kombinasi bahan tambahan selain pisang bisa berupa ubi merah, singkong, ubi ungu, atau biji salak yang akan membuat kolak semakin banyak isinya. Tambahkan juga kolang kaling atau pacar cina supaya sensasi mengunyah kolak jadi lebih seru.

Hadirkan di rumah sebagai salah satu menu buka puasa baru yang mungkin akan jadi salah satu takjil favorit keluarga. Yuk, kita persiapkan bahan-bahannya!

Bahan-bahan

Satu kotak kemasan SariWangi Milk Tea Teh Tarik.
Yang diperlukan:
SariWangi Milk Tea Teh Tarik
Beli online

Bahan

  • 100 g ubi merah, potong merah
  • 2 buah pisang tanduk, potong serong
  • 100 g kolang kaling
  • 1500 ml air
  • 200 g gula merah, sisir

Cara membuat

Irisan gula merah dituangkan ke dalam air yang mendidih dalam panci.
1

Masak air, gula merah, daun pandan, dan garam hingga hampir mendidih sambal diaduk hingga gula larut. Masukkan SariWangi Milk Tea Teh Tarik, aduk hingga larut. Kecilkan api. ​

 

Seseorang menuangkan santan pada kolak pisang yang tengah dimasak.
2

Masukkan ubi merah, labu, masak hingga setengah matang. Masukkan santan, pisang, dan kolang kaling. Masak sambal diaduk hingga matang.

Kolak pisang tersaji dalam dua gelas dan diletakkan di atas meja kayu.
3

​Tambahkan nangka, aduk rata. Angkat. Sajikan. ​

Nikmat tersaji saat dingin maupun hangat. Pastikan untuk menyiapkannya saat waktu berbuka puasa di bulan Ramadan tahun ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.