Resep Ayam Bumbu Kecap yang Mudah, Cepat, Enak

Padukan nikmatnya daging ayam yang empuk dengan rasa manis, gurih, dan pedas a la kecap Bango. Selain penuh nostalgia, ayam bumbu kecap cocok disantap bersama keluarga dan teman-teman.

35mnt
3 Porsi
Mudah
Wina|April 11, 2018

Sebagai seseorang yang ingin lebih pandai memasak, biasanya kita mengawali pengalaman memasak kita dari resep-resep yang mudah terlebih dahulu. Masuk akal bukan? Dari satu resep saja, kita bisa semakin percaya diri mendalami masakan lainnya dan juga menyempurnakan kekurangan-kekurangan kita. Puitisnya sih, dari satu langkah saja kita bisa memulai perjalanan panjang dan penuh warna. Begitupun ceritanya untuk memasak. Kali ini, resep Ayam Bumbu Kecap jadi langkah awal kamu supaya bisa sama-sama jadi jagoan masak bersamaku!

Niat awal memasak ayam kecap manis ini sih karena ingin menyenangkan teman-teman yang main ke rumah. Semacam unjuk gigi kalau aku sekarang sudah mulai bisa memasak. Dengan resep ayam kecap ini, aku yakin semua bisa senang dan kenyang asal mau repot sedikit. Well, malah aku sendiri tidak merasa kerepotan dengan resep yang satu ini. Menyenangkan malah membuatnya!

Tugas pertama adalah hanya berbelanja ayam saja di supermarket terdekat. Kalau kamu masih kerepotan memotongnya, jangan ragu untuk meminta tukang jagalnya memotong ayam menjadi enam bagian. Selain pas porsiannya, proses masak akan menjadi lebih mudah dan bumbu bisa menyerap dengan baik. Dengan ini, semua orang jadinya bakal kebagian. Selebihnya bumbu-bumbu yang diperlukan sangat mudah didapatkan, bahkan pasti banyak yang sudah punya stok di rumah.

Untuk kecap manisnya sendiri, resep ini paling cocok menggunakan Kecap Bango Manis Pedas Gurih. Selain rasa manisnya yang paling cocok dengan seleraku, rasa pedas gurihnya membuat ayam kecap manis ini menjadi khas dan lebih nikmat. Sedikit rasa pedas selalu membuat orang Indonesia manapun ketagihan, apalagi kalau banyak!

So, berikut adalah resep ayam bumbu kecap yang cepat, mudah, dan bisa kamu sendiri coba di rumah. Ayam bumbu kecap ini beneran cocok untuk makan siang atau makan malam. Setelah berhasil, jangan ragu mengajak teman atau keluarga untuk mencoba ya. Apalagi dengan cita rasa khas Indonesia dari kecap manis dan sisi nostalgianya, semua pasti suka dengan yang satu ini!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis Pedas
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis Pedas Gurih
Lihat produk
  • ½ ekor ayam, potong 6 bagian
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm air jeruk nipis

Bumbu tumisan

  • 4 siung bawang putih, memarkan
  • ½ ruas jari jahe, memarkan
  • ½ butir bawang bombay, potong panjang
  • 2 tangkai daun bawang, potong serong
  • ½ sdt lada putih bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 1 buah tomat, potong panjang
  • 100 ml air
  • 1 sdm margarin
  • Minyak goreng

Cara membuat

1

Balurkan potongan ayam dengan garam dan air jeruk nipis hingga merata.

2

Panaskan wajan dan minyak sayur, kemudian goreng ayam hingga matang namun tidak terlampau kering. Angkat dan kemudian sisihkan.

3

Panaskan margarin di wajan, kemudian tumis jahe beserta bawang putih hingga harum. Lalu masukkan bawang bombay dan tumis hingga layu.

4

Masukkan ayam ke dalam tumisan margarin, jahe, dan bawang, kemudian aduk-aduk sebentar.

5

Tambahkan Kecap Bango Manis Pedas Gurih, air, garam, lada, dan tumis semua hingga matang. Kemudian masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar kemudian angkat.

6

Sajikan ayam bumbu kecap selagi hangat.

Nah, bagaimana hasil masak ayam bumbu kecap kali ini? Resep yang satu ini salah satu contoh menu anti-gagal. Mau dicoba berapa kalipun pasti rasanya enak. Selebihnya kamu tinggal menyiapkan nasi hangat dan lalapan segar. Semakin percaya diri untuk kedatangan tamu, bukan?


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/detail/59/ayam-kecap