Jenis Masakan


Tips Makan All You Can Eat Supaya Tidak Cepat Kenyang

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Desember 6, 2019

Restoran all you can eat sedang menjamur di Indonesia. Jenisnya beragam, mulai dari steak, shabu-shabu hingga seafood. Harganya pun kini punya rentang yang luas. Dari harga Rp 99 ribu saja, kita sudah bisa makan daging sepuasnya.

Konsep restoran all you can eat atau buffet ini memang unik. Dalam satu kali bayar, kita bisa mengambil seluruh makanan yang tersedia. Konsep ini rupanya telah ada sejak abad ke-16 di Rusia/Swedia. Kala itu, pelayanan all you can eat digunakan untuk menyambut tamu. Istilahnya adalah brännvinsbord yang berarti meja penuh semangat.

Saat sejumlah makanan terhidang, kita cenderung bersemangat untuk memakan apa saja. Nah, ini bisa jadi bumerang karena kita bisa kenyang sebelum mencoba semuanya. Agar kita tak rugi saat mengunjungi restoran all you can eat, berikut adalah tips memilah makanan dari tim MAHI!

1. Riset singkat tentang menunya

Sebelum mendatangi restoran, sebaiknya cari tahu dulu menu yang tersedia di sana. Jika mereka menyajikan daging, apa saja jenisnya dan bagaimana bumbunya? Jika mereka menyajikan menu pendamping, adakah yang disukai? Setelah mengetahui menunya, tentukan apa yang jadi prioritasmu. Dengan begitu, kita tidak akan rakus saat memilih makanan.

2. Hindari makanan berkarbohidrat tinggi

Meja berisi panggangan dan bahan-bahan Korean BBQ.
Tetap bijak dalam memilih menu di restoran all you can eat. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula cenderung memberikan rasa kenyang. Sebut saja sajian nasi, kentang, gorengan, atau pasta. Jika ingin memenuhi kebutuhan karbohidrat, ambil dengan porsi sedikit saja. Jangan jadikan makanan berkarbo sebagai menu utamamu, karena akan kenyang dan tidak bisa menikmati banyak menu.

3. Tidak memilih minuman manis

Selain makanan berkarbo, minuman dengan kadar gula tinggi juga akan membuat perut lebih kenyang. Biasanya, restoran all you can eat menyajikan minuman manis seperti teh manis, minuman bersoda, jus buah, hingga ice cream. Kita tentu boleh mencobanya, tapi jangan berlebihan. Pilih kudapan manis sebagai makanan penutup untuk menetralisir rasa.

4. Ambil sedikit demi sedikit

Tangan mengambil potongan cake menggunakan ala di tempat buffet.
Tetap bijak saat mengambil porsi makanan di restoran all you can eat. (Foto: Shutterstock)

Rasa penasaran untuk mencoba semua menu memang sangat wajar. Apalagi, semua makanan memang boleh kita santap. Namun, agar semua bisa dicoba dengan lidah yang netral, usahakan untuk mengambilnya dengan porsi bijak. Ambil sedikit demi sedikit atau sekitar beberapa sendok saja. Jika sudah tahu menu mana yang paling kita suka dan menambah porsinya.

5. Waktu tepat mengunjungi restoran all you can eat

Di restoran tertentu, waktu makan siang dan makan malam menjadi peak hours. Biasanya restoran penuh hingga waiting list. Memilih waktu di luar jam tersebut bisa jadi pilihan menarik. Hindari memilih waktu makan malam karena sistem pencernaan membutuhkan tenggat waktu untuk bekerja. Jika makan banyak di malam hari dan kita langsung beristirahat apalagi tertidur, ini tentu akan berdampak pada kesehatan.

6. Tidak dalam keadaan sangat lapar

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah menahan lapar seharian untuk makan sepuasnya di restoran all you can eat. Dalam keadaan sangat lapar, kita cenderung lebih rakus dan terburu-buru memilih makanan. Seringnya, makanan yang diambil justru tidak termakan semua karena terlalu kenyang. Istilahnya adalah ‘lapar mata’ dan karena terburu-buru, kapasitas tanpa terasa terisi terlalu penuh dan akan menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Nah, demikian enam tips yang bisa kita coba agar bijak saat mengunjungi restoran all you can eat. Mencoba ragam menu, makan dengan porsi yang cukup, tak hanya membuat perut kenyang tapi hati juga senang!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.