Berencana Liburan ke Seoul? Nikmati Gurihnya 7 Jajanan Korea yang Populer Ini!

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 29, 2018

Popularitas jajanan Korea semakin merajalela di kalangan anak muda jaman sekarang. Kini, semakin banyak restoran yang menjajakan berbagai makanan ringan yang enak dari Negeri Ginseng di Jakarta. Bahkan semakin banyak juga bahan-bahan makanan dari Korea yang masuk ke Indonesia dan memungkinkan kita untuk membuatnya di rumah. Tapi khusus untuk yang ingin berlibur ke sana, jangan lupa untuk menikmati berbagai panganan seru berikut ini!

1. Tteok-bokki

topokki, jajanan korea yang tersaji di atas wajan
Topokki adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jajanan Korea ini biasa disebut juga sebagai topokki, camilan yang satu ini bisa jadi adalah yang paling terkenal di dunia. Rasa kenyal dari tepung beras yang dikukus dan dibentuk seukuran jari ini memang bikin nagih. Versi paling terkenalnya adalah yang dimasak bersama saus gochujang yang kental dan pedas. Namun selain versi ini, topokki juga bisa dipadankan dengan daging iga, seafood, saus kedelai manis, hingga tentunya – mi instan!

2. Odeng

Tersedia dari warung kaki lima hingga restoran, makanan yang setipe dengan otak-otak ikan ini tersaji berkuah dan dimakan menggunakan tusuk satai. Bahan aslinya adalah daging ikan putih yang digiling dan dimasak dengan campuran tepung, gula, dan sayur. Secara penamaan, makanan ini bisa jadi terinspirasi dari oden milik Jepang. Hanya saja versi Jepangnya bisa menggunakan berbagai sayuran dan protein. Nama asli versi Korea-nya sendiri adalah eomuk.

3. Gimbap

Memiliki nama populer lainnya yang disebut kimbap. Makanan ini begitu mirip dengan maki khas Jepang. Gimbap bisa disajikan sendiri atau termasuk dalam satu set hidangan khas Korea. Makanan ini juga sangat cocok sebagai menu bekal ke sekolah ataupun kantor. Isiannya sendiri bisa begitu beragam. Dimulai dari danmuji atau daikon (asinan lobak putih), daging, crab cake, telur, hingga kimchi, bulgogi, dan berbagi macam lainnya.

4. Korean Fried Chicken

ayam goreng jadi ciri khas jajanan korea yang sukses di mancanegara
Ayam goreng khas Korea meraih popularitas tidak hanya di Amerika Serikat, namun juga Asia Tenggara! (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng khas Korea ini berbeda dengan versi Amerika Serikat yang sudah lebih dulu kita kenal baik. Menariknya, ayam goreng Korea ini sempat membuat heboh Negeri Paman Sam beberapa tahun yang lalu. Perbedaannya adalah rasa garing yang datang dari proses penggorengan dua kali, sehingga ini menjadikannya tidak terlalu berminyak. Selain itu, ayam goreng ini dilumuri saus manis rasa manis pedas gochujang atau rasa manis gurih ganjang.

5. Mandu

Awalnya pangsit khas Korea ini merupakan makanan para bangsawan. Sekarang, mandu bisa ditemukan dimana-mana dan memiliki begitu banyak varian. Menariknya, mandu tidak hanya dikukus, namun juga ada yang digoreng dan direbus. Jjin-mandu misalnya dikukus menggunakan wadah bambu, pyeonsu berbentuk persegi panjang dan diisikan sayuran, atau saengchi-mandu diisikan daging unggas, daging sapi, dan tofu. Begitu banyak yang bisa dicoba!

6. Pajeon

pajeon, jajanan korea yang populer
Pajeon selalu tampil menggiurkan! (Foto: Shutterstock)

Bisa dibilang pajeon ini adalah martabak telurnya Korea. Terbuat dari adonan yang terdiri dari telur, tepung terigu serta tepung beras, dan yang wajib adalah bawang daun. Kata “pa” dalam Bahasa Korea adalah bawang daun alias scallion. Yang membedakan pajeon yang satu dengan yang lainnya adalah tambahan bahan berupa daging sapi, kimchi, atau berbagai jenis bahan boga bahari.

7. Jajangmyeon

jajangmyeon, jajanan korea yang terkenal
Mie dengan saus hitam manis gurih ini begitu khas! (Foto: Shutterstock)

Terinspirasi dari masakan mi khas China yang populer di Incheon pada awal abad ke 20, kini versi Korea-nya disebut dengan istilah jajangmyeon dan sudah mendunia. Yang unik dari masakan mi ini adalah sausnya yang disebut chunjang. Saus ini terbuat dari pasta kacang yang manis kemudian ditambahkan kecap asin, daging, serta bahan boga bahari ataupun sayur-sayuran. Ketika tersaji, jajangmyeon dilengkapi juga dengan potongan ketimun, telur, bawang daun, serta rebung.

Masih begitu banyak jajanan Korea lainnya yang bisa ditemukan. Setidaknya untuk yang pertama kali ke sana, jajanan-jajanan ini wajib untuk dicoba. Tidak sabar menunggu akhir tahun? Maka cobalah memasak resep Bubur Ayam Bulgogi yang khas kreasi dari Masak Apa Hari Ini. Sebelum ke sana, pelajari juga 6 Kebiasaan Makan Orang Korea yang patut ditiru oleh kita.

Selamat berlibur di akhir tahun ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.