Jenis Masakan


5 Resep Masakan Indonesia yang Sangat Akrab dengan Momen Idul Adha

Simpan ke bagian favorit

Wina|Juli 10, 2019

Momen Idul Adha sangat lekat dengan berbagai resep masakan Indonesia yang serba daging merah. Beberapa di antaranya cocok ditemani dengan ketupat, layaknya saat Idul Fitri. Sesuai dengan anjuran untuk melakukan kurban pada hari besar tersebut, maka wajar kalau menu daging-dagingan jadi primadona.

Nah, jika kamu masih bingung memilih masakan untuk Idul Adha, berikut kami sajikan beberapa usulan resep dari Masak Apa Hari Ini.

1. Resep Satai Sapi Manis

Resep masakan Indonesia berupa sate maranggi siap tersaji.
Resep masakan Indonesia paling favorit dari Purwakarta? Apalagi kalau bukan sate maranggi. (Foto: MAHI)

Satai menjadi resep masakan Indonesia yang wajib hadir di setiap Hari Raya Kurban. Tak lengkap rasanya jika hari ini dilewati tanpa sajian sate di meja makan.

Untuk kamu yang ingin mengolah daging sapi dengan bahan yang sederhana, kamu bica mencoba resep satai sapi manis. Kunci resep ini ada pada kualitas daging dan Bango Kecap Manis. Hanya dengan langkah mudah, kamu bisa mendapatkan rasa satai yang nikmat!

Yuk, siapkan bahan membuat Sate Sapi Manis sebagai menu primadona Lebaran Haji!

2. Resep Tongseng Daging Kambing

Satu lagi resep masakan Indonesia yang cocok untuk mengolah persediaan daging kambing di rumah –  tongseng! Hidangan ini bisa jadi pilihan makan malam di Hari Raya Idul Adha. Cara membuatnya relatif mudah dan hanya membutuhkan waktu memasak kurang lebih 45 menit.

Ada beberapa rempah khas yang perlu kamu persiapkan seperti ketumbar, jahe, serai, dan asam jawa. Cara memasaknya tak jauh berbeda dari menumis daging biasa, kok!

Sajikan Tongseng Daging Kambing dengan sentuhan Bango Kecap Manis ini!

3. Resep Sop Kaki Kambing

Sop kaki kambing hangat tersaji.
Ini dia sop kaki kambing, sajian istimewa untuk makan malam! (Foto: Bango)

Sajian yang jadi favorit di malam hari ini bisa kamu siapkan sebagai menu istimewa saat Idul Adha. Masakan berkuah santan, gurih sekaligus hangat ini juga cocok juga didampingi sate. Pilih daging paha kambing muda untuk tekstur yang lebih empuk. Agar lebih sehat, kamu bisa mengganti santan dengan susu rendah lemak.

Kamu bisa mengintip resep lengkap Sop Kaki Kambing dan jangan lupa untuk menyertakan bahan pelengkapnya juga, ya!

4. Resep Rawon Sapi

Siapa yang bisa mengelak dari nikmatnya rawon khas Jawa Timur? Sajian nikmat berwarna hitam ini jadi alternatif untuk kamu yang ingin kuah yang lebih ringan tanpa santan maupun susu.

Hanya perlu beberapa rempah khas untuk membuat sajian nikmat ini. Salah satunya adalah keluak yang memberikan warna hitam khas pada kuah rawon. Agar lebih nikmat, jangan lupa bubuhkan Royco Kaldu Sapi.

Sajikan resep Rawon Sapi mantap ini bersama nasi hangat, sambal cabai rawit, dan kerupuk

5. Resep Malbi Kambing

Malbi kambing atau semur daging kambing asal Sumatra Selatan ini akrab dengan suasana Idul Adha. Cita rasa daging kambing yang dimasak dengan bumbu semur yang sarat rempah ini hadir berkat pengaruh budaya Arab di Indonesia. Kamu bisa menikmatinya bersama nasi hangat, ketupat, ataupun lontong.

Berikut adalah resep Malbi Kambing yang bisa kamu coba.

Demikian lima resep masakan Indonesia yang bisa kamu coba untuk momen Idul Adha. Kalau masih bingung, coba saja semuanya! Jangan lupa berbagi dengan tetangga juga, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.