Selain Rujak Serut, Inilah Daftar Rujak yang Harus Kamu Coba

Simpan ke bagian favorit

Wina|Oktober 26, 2018

Rujak populer seperti rujak serut, rujak buah potong, dan rujak tumbuk atau rujak bebeg mungkin sudah tak asing bagi kamu. Salad buah versi Indonesia ini memang sangat populer disantap sebagai camilan sesudah makan siang atau sebagai camilan sore. Tetapi tahukah kamu bahwa Indonesia punya banyak daftar rujak yang mungkin belum pernah kamu coba?

Bahkan beberapa diantaranya seperti rujak kangkung, rujak mie, dan rujak soto, bukanlah berupa hidangan buah dengan cocolan sambal. Penasaran, kan? Ini dia daftarnya:

Rujak Mie

Rujak mie adalah hidangan khas Palembang yang memadukan dua jenis mie – yaitu mie kuning dan suun dengan taoge dan pempek Palembang. Tidak seperti rujak pada umumnya, rujak mie menggunakan kuah cuko yang asam dan pedas sebagai kuahnya. Segar!

Rujak Bubur

Rujak khas Pamekasan, Jawa Timur ini sangat unik. Bahan rujak yang terdiri dari aneka sayuran dan cingur sapi (hidung) berbumbu kacang serta petis disajikan bersama semangkuk bubur. Rujak bubur di daerah asalnya ini biasanya disantap menjelang siang.

sepiring rujak cingur dengan ciri khasnya, yakni cingur atau hidung sapi.
Rujak cingur, masakan populer kha Jawa Timur yang harus kamu coba. (Foto: Shutterstock)

Rujak Soto

Hidangan khas Banyuwangi ini memang khas, yakni memadukan rujak sayur dengan soto daging sapi atau soto babat. Cara menyajikannya adalah rujak ditata terlebih dahulu dalam mangkuk saji, kemudian disiram dengan kuah soto dan dagingnya. Kangkung dan taoge kemudian dibumbui dengan kacang, gula merah, dan petis.

Rujak Kangkung

Sesuai dengan namanya, rujak kangkung berbahan dasar kangkung berbumbu pedas dan kecut segar dari asam jawa. Berasal dari Kuningan, Jawa Barat, rujak kangkung memiliki ciri khas bumbu seperti rujak buah dengan versi lebih gurih, yaitu cabai, gula merah, asam jawa, dan terasi. Ingin membuat rujak kangkung sendiri? Kamu bisa coba membuat rujak kangkung versi Masak Apa Hari Ini.

Rujak Tahu

Berasal dari Palembang, rujak tahu mirip seperti rujak mie asal Sumatera Selatan yang disajikan bersama pempek. Hanya saja bahan utamanya adalah tahu putih yang digoreng kering. Seperti halnya pempek, rujak tahu disajikan dengan kuah berbahan cuka, gula merah, dan cabai atau yang akrab disebut kuah cuko.

Rujak cingur, kuliner wajib icip dari Jawa Timur.
Ciri khas dari rujak cingur asal Jawa Timur ini adalah daging hidung sapi yang ada di dalamnya. (Foto: Shutterstock)

Rujak Pengantin

Hidangan rujak khas Betawi ini terkenal legendaris dan budaya menikmatinya kini tidak perlu lagi menunggu acara pernikahan. Dua jenis mi yaitu bihun dan mie kuning dipadukan dengan kentang, mentimun, dan daun selada. Bumbu atau saus rujak sayuran khas Betawi ini terlihat seperti asinan dengan tekstur bumbu yang agak encer.

Setelah tahu macam-macam rujak yang unik ini, jangan lupa dicatat ya. Ini bisa jadi bekal pengetahuan kamu sebelum berburu rujak ataupun kalau berencana satu waktu membuatnya di rumah. Ternyata banyak juga jenis lainnya selain rujak serut, bukan?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.