Sajikan Masakan Seafood Gaya Restoran untuk di Rumah Aja!

Sajikan Masakan Seafood Gaya Restoran untuk Makan Malam di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Desember 5, 2020

Hari-hari menjalani masa pandemi seperti ini pasti bikin kangen makan di luar. Apalagi untuk penggemar masakan seafood, mungkin rindu makan malam dengan suasana warung tenda atau restoran dengan view pantai atau laut. Maka ketika pilihan makan di luar menjadi terbatas, satu-satunya pelepas rindu adalah dengan memasaknya sendiri di rumah.

Masakan seafood memang tidak ada matinya untuk orang Indonesia, dari beragam jenis ikan, kepiting, cumi, serta udang yang diolah dengan segudang variasi masakan. Kali ini aku ingin berbagi tiga resep masakan udang yang populer di rumah makan seafood supaya bisa kamu sajikan sendiri di rumah.

1. Tumis udang kecap, praktis dan bikin ngiler

Mulai dari resep pertama, aku mau share sedikit dulu soal cara memilih udang, ya. Udang yang segar dapat dilihat dari warna kulit dan dagingnya. Bila berwarna bening bersih menandakan bahwa udang masih segar. Sebaiknya kamu menghindari udang kulit serta dagingnya telah berwarna kemerahan. Kemudian, bila daging serta kepalanya telah menjadi lembek, maka udang sudah tidak lagi segar.

Setelah memilih yang segar dan membelinya, bersihkan kemudian lumuri dengan tepung tapioka, garam, dan merica. Siapkan bahan lain seperti bawang putih, jahe, tomat, daun bawang, gula, air, dan minyak. Masak dengan menambahkan Royco Kaldu Jamur dan Bango Kecap Manis.

Coba, yuk, resep tumis udang kecap!

2. Udang bakar madu, sajian paling mewah dan elegan

Siapkan sekitar udang galah lebih dan seluruh keluarga di rumah akan bisa menikmatinya tanpa harus rebutan. Lanjutkan dengan marinasi udang terlebih dahulu menggunakan bawang putih, madu, garam, merica, sedikit minyak dan parutan kulit lemon, serta tentunya Saus Sambal Jawara Hot dan Bango Kecap Manis. Rendam udang selama 15 menit dan kemudian bakar hingga matang.

Simak resep udang bakar madu berikut ini!

3. Udang asam manis, masakan seafood jadul paling favorit

Resep udang asam manis disajikan di atas piring.
Udang asam manis, favorit saat makan seafood! (Foto: MAHI)

Tak hanya untuk tema seafood saja, udang asam manis cocok disajikan ketika masakan tradisional Indonesia juga menjadi temanya. Satu tips dariku, jangan lupa gunakan udang yang berukuran agak besar seperti udang pancet ini. Selain rasanya lebih mewah, tentunya lebih memuaskan secara porsinya. Pilih yang tersegar, maka kenikmatannya akan berlipat ganda!

Inilah resep udang asam manis wajib coba!

Sudah siap santap masakan seafood enak di rumah malam ini? Selamat mencoba resep-resepnya, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.