7 Makanan Kekinian yang Hits di Tahun 2020

Simpan ke bagian favorit

Silmia|November 9, 2020

Masih ingat tren kue cubit green tea atau es kepal milo yang banyak dijual di pinggir jalan? Atau kamu masih mengikuti tren boba yang kini dijual di banyak gerai? Setiap tahunnya, tren kuliner silih berganti. Aneka makanan kekinian viral di media sosial. Alasannya beragam, entah inovasinya yang unik, rasanya yang enak, atau cara membuatnya yang nyentrik.

Tahun ini pun tak luput dari makanan kekinian yang viral. Meski tahun 2020 dunia berduka karena pandemi, perbincangan tentang makanan tetap tak ada hentinya. Malah justru makin banyak orang yang jadi chef di rumah sendiri. Dengan terbatasnya ruang gerak karena protokol kesehatan, justru membuat banyak orang melakukan kreasi makanan dan minuman di rumah.

Ada yang menjadikan kreasi tersebut sebagai lahan baru berbisnis, ada pula yang hanya jadi bahan unjuk gigi di media sosial. Apa saja minuman dan makanan kekinian itu? Kali ini tim MAHI merangkum tujuh makanan viral (beserta minuman) yang mencuri perhatian para pencinta kuliner di tahun 2020.

1. Korean Garlic Bread, teman setia nonton drakor

Tahun ini juga jadi salah satu waktu di mana tren drama dan musik Korea semakin booming. Banyak orang yang jadi hobi nonton drakor karena punya lebih banyak waktu di rumah. Dampaknya? Tak hanya pada selera fashion dan musik, tapi juga makanan. Setelah toppoki, ramyun, dan jjangmyeon, ada juga Korean garlic bread yang jadi perbincangan di dunia maya.

Korean garlic bread terbuat dari brioche bun atau roti berbentuk bulat yang berpadu dengan adonan garlic cream cheese yang gurih. Ditaburi peterseli cincang, penampilan roti ini memang ciamik dan menggugah selera. Belum terlambat jika kamu mau mencoba membuatnya sendiri di rumah. Resep Korean garlic bread ini bisa jadi andalanmu!

2. Pangsit Goreng, berbeda dari yang biasanya

Sempat mengikuti viralnya sajian pangsit goreng? Hidangan pangsit ini memang cukup berbeda. Awalnya pangsit goreng ini dikenalkan oleh seorang pedagang yang disebut Lek Gino. Sebenarnya sajiannya mirip dengan mie goreng atau kwetiau goreng. Bedanya kita menggunakan pangsit dengan isi daging ayam sebagai bahan utamanya.

Pangsit isi awalnya kita rebus terlebih dahulu. Kemudian kita tumis menggunakan bumbu seperti bawang putih, cabai merah, daun bawang, juga aneka sayuran seperti sawi, wortel dan taoge. Lihat resep pangsit goreng satu ini, ya, jika kamu mau membuatnya sendiri di rumah.

3. Dalgona Coffee, minuman paling hits tahun ini

Tak hanya makanan, minuman satu ini seakan jadi bintang di tahun 2020. Ya, dalgona coffee menjadi perbincangan seru di media sosial. Bukan hanya karena penampilannya yang mirip sajian kopi di kafe, tapi juga cara membuatnya yang cukup seru.

Bahan utamanya cukup mudah ditemukan, yakni kopi instan, gula putih, susu cair, dan es batu. Ciri khasnya adalah foam yang dibuat dari paduan kopi dan gula yang di-mix dengan cepat. Kita bisa menggunakan mixer, atau dikocok dengan tangan secara langsung. Tampilan spesial a la dalgona coffee yang Instagram-able membuat semua orang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kamu juga bisa berkreasi menggunakan bahan lain seperti resep Magnum Dalgona Coffee ini. Tambahan ice cream memberikan rasa yang lebih enak!

4. Pie Susu, yang paling banyak dicoba di rumah

Selain dalgona coffee, tahun 2020 ini ada banyak orang yang mencoba membuat pie susu sendiri di rumah. Berbeda dengan pie susu biasa, mereka mencoba membuat pie susu menggunakan wajan anti lengket sehingga makanan ini viral disebut pie susu teflon.

Awal mula popularitasnya adalah video resep pie susu yang banyak dibagikan di Tiktok. Modalnya cukup sederhana, yaitu tepung terigu, telur, margarin, garam, gula, dan susu kental manis. Dengan bahan yang mudah ditemukan dan alat masak yang sederhana, resep pie susu teflon pun banyak diikuti dan diunggah di media sosial. Kamu pernah mencoba membuatnya?

5. Dessert Box, jualan favorit usaha rumahan

Dua dessert box tiramisu dengan susu dan sendok kayu di sampingnya.
Dessert box yang sedang digandrungi banyak anak muda. (Foto: Shutterstock)

Jenis dessert ini sebenarnya sudah dijual beberapa tahun ke belakang. Namun, karena Tiktok, dessert box kembali banyak diperbincangkan di tahun 2020. Banyak orang yang penasaran dengan rasa dessert box yang katanya “seenak itu”.

Seperti namanya, sajian dessert ini ditempatkan dalam wadah box plastik kecil. Makanan kekinian ini terdiri dari beberapa layer seperti cream dan soft cake. Rasanya beraneka ragam, dari cokelat, keju, vanilla, dan tiramisu. Perpaduan beberapa tekstur dengan rasa manis yang mengigit membuat banyak orang ketagihan membeli dessert box.

6. Spaghetti Brulee, makanan kekinian dengan rasa memanjakan

Salah satu lahan bisnis kuliner yang banyak dipilih di tahun 2020 adalah spaghetti brulee. Hidangan ini adalah perpaduan resep spaghetti bolognese dan saus bechamel yang kemudian dipanggang dalam wadah. Penggunaan keju cheddar dan mozzarella menjadi salah satu pencuri perhatian pada hidangan ini. Rasanya gurih dengan sedikit rasa asam dari saus bolognese.

Makanan kekinian spaghetti brulee diambil pakai sendok
Spaghetti brulee yang nikmat disantap kala hangat. (Foto: Shutterstock)

Ketika kita ambil dengan sendok, keju yang lumer di sela-sela helaian spaghetti membuatnya terlihat menggugah selera. Tak heran jika hidangan ini viral dan banyak diburu di media sosial. Spaghetti brulee dijual dalam beragam ukuran, mulai dari Rp 25 ribuan saja, lho.

7. Dairy Free Coffee, cocok dengan plant-based milk

Tren minuman sehat juga cukup bergema di tahun 2020. Salah satunya adalah minuman non-dairy seperti dairy free coffee. Jika tahun lalu kopi susu gula aren menjadi idola, kini ada banyak gerai menjual pilihan menu kopi tanpa susu sapi yang tak kalah menarik. Misalnya saja coconut coffee, yakni kopi bercampur dengan air kelapa. Ada pula yang mengganti susu sapi dengan almond milk, soya milk, bahkan santan. Dengan takaran yang tepat, sajian kopi ini tak kalah enak, lho, dari es kopi susu biasa.

Tren dairy-free tak hanya berlaku pada kopi, tapi juga menu lain seperti ice cream, gelato, cake, bahkan yoghurt. Pilihan makanan ini jadi solusi untuk kamu yang memiliki lactose-intolerance atau alergi susu sapi.

Nah, dari ketujuh makanan kekinian di atas, mana yang paling kamu sukai? Kira-kira tren kuliner apa lagi yang akan hadir di tahun 2021? Simak terus, ya, artikel di Masak Apa Hari Ini agar kamu tak ketinggalan tren makanan dan resep terbaru!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.