7 Sumber Karbohidrat Terbaik Pengganti Nasi

Maddie|Juni 29, 2018

Meski diperlukan tubuh, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, maka berat badanpun akan terus naik. Buat kamu yang sedang mencari penggantinya tanpa harus mengorbankan disukai, berikut aku pilihkan 7 sumber karbohidrat terbaik selain nasi, roti, dan pasta.

1. Oatmeal

sumber karbohidrat
Oatmeal nikmat diolah menjadi bubur dengan topping potongan buah segar. (Foto: Shutterstock)

Oatmeal sering disebut sebagai ‘makanan diet’ karena kaya akan serat dan membuat kamu kenyang lebih lama. Meskipun sehat, kamu harus hati-hati memilih topping yang dipilih saat membuat bubur gandum. Meski gandumnya sehat, sama saja bohong kalau kamu menyantapnya bersama makanan yang mengandung gula atau lemak. Buah-buahan atau kacang-kacangan yang tidak digoreng ataupun diasinkan bisa menjadi pilihan. Selain itu, tetap batasi jumlahnya sesuai kebutuhan.

2. Quinoa

sumber karbohidrat
Tips: Quinoa harus dicuci dahulu sampai bersih, karena jika tidak dapat mengeluarkan rasa sedikit pahit. (Foto: Shutterstock)

Gaya hidup rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan atau menghindari diabetes bisa dimulai dengan mengonsumsi quinoa. Terdapat beberapa jenis quinoa dari yang berwarna putih, merah, dan hitam. Quinoa putih adalah yang paling mudah yang ditemukan di berbagai toko makanan organik zaman sekarang.

Quinoa mengandung serat yang cukup tinggi per porsinya dan baik untuk pencernaan serta menjaga kadar gula darah. Selain itu, quinoa juga merupakan sumber magnesium, fosfor, seng, serta vitamin B1, B2, dan B6 yang baik untuk tubuh. 

3. Labu

sumber karbohidrat
Tidak hanya daging labu yang bisa dimasak, bijinya juga bisa dipanggang dan dijadikan campuran salad. (Foto: Shutterstock)

Orang Indonesia biasanya menyantap buah labu sebagai kolak, terutama di bulan puasa. Menariknya, buah labu kini dikreasikan menjadi aneka hidangan lezat seperti tumisan sehat ataupun beragam makanan pencuci mulut lainnya.

Selain berfungsi sebagai sumber karbohidrat, labu juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Nah selain itu, biji buah labu juga bisa diaplikasikan pada berbagai masakan dan mengandung potassium yang bisa mengurangi risiko stroke. Beta karoten yang ditemukan dalam buah ini juga bisa mencegah penyakit jantung koroner.

Untuk kamu yang masih pemula dalam hal memasak, kamu dapat dengan mudah ‘mashed potato’ versi labu. Lebih uniknya lagi, hasilnya bisa menjadi lebih lembut dan manis.

4. Bit

Sayuran ini sangat mudah dikenali karena warnanya yang merah mencolok. Beetroot atau buah bit memiliki karbohidrat yang lumayan tinggi yang membuat kamu mudah kenyang saat menyantapnya. Serat dalam bit membantu menjaga pencernaan kamu agar tetap sehat. Jika kamu kurang suka dengan ‘rasa tanah’-nya, kamu bisa memanggang bit hingga kering lalu diberi taburan keju di atasnya.

Bit segar juga bisa dinikmati. Agar rasanya lebih enak, kamu bisa menggunakannya sebagai campuran salad. Potong bit tipis-tipit dan tambahkan saus yogurt yang sudah dicampur dengan air perasan buah lemon. Segar deh! 

5. Buah Sukun

sumber karbohidrat
Sukun bisa diiris tipis lalu digoreng kering seperti keripik untuk camilan yang lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Sukun adalah sepupu dekat buah nangka. Ketika dimasak, buah tropis ini memiliki mirip tekstur yang mirip dengan roti. Seperti roti, sukun merupakan sumber karbohidrat, protein nabati, dan vitamin.

Enak dan murah meriah, serat yang ditemukan pada sukun dapat membantu penderita diabetes untuk tetap mengonsumsi karbohidrat dengan aman. Penelitian menunjukkan bahwa serat buah sukun dapat mengontrol diabetes dengan mengurangi penyerapan glukosa dari makanan lain yang kita konsumsi.

6. Chickpea

sumber karbohidrat
Chickpea biasa diolah menjadi hidangan-hidangan lezat khas Timur Tengah yang kini tengah naik daun di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Merupakan salah satu jenis kacang yang populer di negara Timur Tengah, chickpea adalah sumber karbohidrat yang sangat baik. Satu cangkir chickpea yang sudah dimasak mengandung 45 gram karbohidrat dan 12 gram serat. Jika kamu mengganti nasi dengan chickpea untuk tujuan diet dan dilakukan dengan telaten, berat badan dijamin akan turun dan rasa lapar yang sering tiba-tiba datang di malam hari bisa dicegah.

7. Pisang

Pisang mudah dicerna dan dibawa kemana-mana. Satu pisang besar mengandung 31 gram karbohidrat dan potassium yang membantu mempertahankan fungsi saraf dan otot. Pada dasarnya buah pisang adalah cemilan murah yang mempunyai banyak kebaikan untuk tubuh kita. Untuk kamu yang sedang rajin-rajinnya nge-gym, sajikan pisang bersama kacang untuk meningkatkan pemulihan dan perbaikan otot.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.