Inilah Caranya Bedakan Antara Cheese Cake dari Jepang dan Amerika

Simpan ke bagian favorit

Wina|Desember 20, 2018

Segala jenis kue khas mancanegara kini semakin mudah dicari di Indonesia, termasuk di antaranya adalah cheese cake. Satu yang sudah terkenal adalah yang berasal dari Amerika Serikat, namun beberapa tahun terakhir ini ada versi berbeda dari Jepang yang semakin digandrungi. Tapi apakah perbedaan di antara keduanya? Mari simak bersama ceritanya berikut ini!

American Cheese Cake

Cheese cake khas Amerika Serikat memiliki tekstur creamy dan lebih dalam rasa kejunya. Biasanya versi yang satu ini ditambahkan berbagai buah segar atau selai agar dapat mengimbangi rasanya yang agak berat. Jadi untuk kamu yang suka kue dengan tekstur lebih tebal dan mengenyangkan, jelas American cheese cake adalah pilihan yang tepat.

Cheese cake khas Amerika dengan buah strawberry.
Inilah tampilan cheese cake klasik dari Amerika dengan pinggiran biskuit Graham dan buah. (Foto: Shutterstock)

Dari segi bahan, American cheese cake menggunakan biskuit Graham yang dihaluskan sebagai fondasi dari kuenya. Campurkan dengan mentega yang dilelehkan, kemudian panggang. Sementara, siapkan adonan cream cheese dan campur bersama gula, telur, serta vanili. Tuangkan adonan ini ke atas biskuit Graham yang telah dipanggang, kemudian panggang semua hingga selesai. Dinginkan semalaman di kulkas, baru keesokannya berikan topping berupa buah-buahan.

Japanese Cheese Cake

Sementara itu, versi Jepang mengandalkan rasa yang ringan dari tekstur kuenya yang sangat lembut. Keunikan lainnya adalah kue keju khas Jepang ini bisa bergoyang-goyang karena begitu ringannya. Sebagai topping, biasanya bisa diimbuhkan gula putih ataupun buah-buahan. Secara teknik, Japanese cheese cake memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan tetangganya.

Cheese cake khas Jepang tersaji di atas piring putih dan buah-buahan.
Lembut dan ringan, itulah kekhasan dari cheese cake khas Jepang. (Foto: Shutterstock)

Pertama-tama, lelehkan mentega bersama cream cheese dan susu di dalam panci yang dipanaskan. Kemudian aduk kuning telur dan campurkan dengan adonan cream cheese yang telah dimatangkan tadi. Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena yang disaring, dan kembali aduk. Siapkan putih telur dalam mangkuk terpisah dan aduk menggunakan mixer hingga telur menjadi berbuih sampai hampir menjadi meringue. Tambahkan gula lalu aduk.

Kemudian, satukan adonan putih telur tadi bersama adonan tepung secara bertahap sambil diaduk. Lalu siapkan loyang bundar dan gunakan baking parchment untuk melapisi bagian dalamnya. Tuangkan adonan dan banting-banting sedikit loyang agar kelebihan udara bisa keluar dari adonannya. Panggang dalam loyang lebih besar yang telah diisikan air. Hal ini dimaksudkan agar kue tidak menjadi terlalu panas dan tekstur yang diinginkan bisa tercapai. Setelah matang, bubuhkan gula putih serta tambahkan buah-buahan bila diinginkan.

Nah, itulah perbedaan di antara dua kubu cheese cake yang sangat populer ini. Seperti yang tadi telah disebutkan, versi Jepangnya secara teknik lebih rumit namun hasilnya tetap sangat menarik. Tapi tentu tidak kalah serunya, versi Amerika memiliki kedalaman rasa yang pastinya disukai semua orang.

Jadi bagaimana, versi manakah yang kamu sukai? Selamat mencoba membuatnya di rumah selama masa liburan ini dan jangan lupa mencoba resep-resep lainnya dariku, ya! Beberapa kue yang bisa kamu coba dari Masak Apa Hari Ini adalah Kue Gandus, Kue Cubit, serta beberapa inspirasi lokal lainnya yang tidak kalah serunya dengan cheese cake!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.