Jenis Masakan


4 Cara Mengolah Rumput Laut Kering Menjadi Camilan Seru

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Mei 10, 2020

Kehadiran rumput laut kering sudah lama dikenal oleh khalayak pencinta kuliner Jepang di Indonesia. Tak hanya hadir di banyak hidangan khas Negeri Sakura, rumput laut kering juga tampil sebagai camilan beraneka rasa. Namun alih-alih kita hanya mengudapnya begitu saja atau mengandalkan makanan dari restoran, sebetulnya ada cara mengolahnya di rumah agar menarik.

Jenis-jenis rumput laut

Sebelum masuk ke ide-idenya, tahukah sebetulnya rumput laut yang dikonsumsi itu dibagi tiga jenis dengan sebutan nori, konbu, dan wakame?

Nori adalah yang rumput laut merah yang dikeringkan menjadi bentuk lembaran. Biasanya, nori kita nikmati saat mengonsumsi onigiridressing untuk salad, maupun disantap langsung. Inilah yang akan menjadi fokus yang akan dibahas di sini.

Sementara konbu atau sejenis rumput laut cokelat, biasanya digunakan untuk membuat kuah kaldu dashi yang menjadi banyak fondasi beragam hidangan khas Jepang. Lalu ada juga wakame, dari jenis lain rumput laut cokelat juga, yang dipakai untuk salad, topping sushi, ataupun sup miso.

Ide olahan rumput laut kering

Pada artikel yang satu ini, aku ingin mengajak kamu untuk mengolah rumput laut menjadi camilan, makanan, maupun kondimen yang lezat berenergi. Yuk, simak apa saja ide-idenya berikut ini!

1. Omelet isi rumput laut kering

 

Tamagoyaki tersaji di atas piring putih bersama sumpit.
Tamagoyaki isi nori bisa jadi ide menu makan pagi kamu di rumah. (Foto: Shutterstock)

Kalau sewaktu-waktu ingin memodali wajan khusus membuat tamagoyaki maka kamu bisa membuat dadar telur khas Jepang yang unik itu. Tapi tak perlu repot-repot dulu, cukup membuat dadar telur seperti biasanya sesuai yang kamu mau. Kalau biasanya kita isikan dengan bawang bombay ataupun jamur, maka kali ini rumput laut kering adalah jawabannya. Jadikan omelet kesukaan saat makan pagi semakin lezat berenergi!

2. Camilan nori gaya sendiri

Masih tetap ingin menikmati camilan rumput laut yang simpel? Ya, boleh-boleh saja dong. Tapi bagaimana kalau kita jadikan sedikit lebih lezat dengan tambahan bumbu? Mudah kok membuatnya!

Siapkan minyak wijen, garam, dan wasabi. Kemudian, gunting-gunting lembaran nori sesuai ukuran yang kamu mau – misalnya menjadi enam lembaran kecil. Olesi dengan minyak wijen, bubuhi dengan garam dan juga sedikit wasabi. Panggang selama 5-7 menit dalam oven, balikkan dan kembali panggang agar rata. Jaga agar tidak gosong dan camilan nori gaya baru siap dinikmati!

3. Popcorn nori

Nori yang telah dicacah diletakkan di dalam mangkuk.
Jadikan cacahan nori ini sebagai perisa tambahan pada popcorn. (Foto: Shutterstock)

Membuat popcorn di rumah tentu mudah dan cukup berbekal mentega saja. Nah, bagaimana kalau kali ini kita tambahkan nori agar menarik? Ada caranya nih yang perlu kamu coba untuk akhir pekan nanti di rumah!

Pertama, isikan sekitar 2 sendok makan minyak goreng ke dalam panci dan nyalakan api besar. Setelah minyak panas, masukkan jagung dan ratakan ke seluruh permukaan panci. Tutup panci dan goyangkan setiap 30 detik agar memastikan popcorn matang merata serta tidak ada yang gosong. Setelah bunyi popcorn mulai reda maka matikan api dan buka panci. Siapkan nori yang telah dicacah serta tambahan kondimen kesukaanmu yang lain. Aduk merata dan popcorn nori siap dinikmati!

4. Keripik rumput laut

Membayangkan keripik nori yang renyah dan gurih memang membuat air liur terbit! Pertama, siapkan lembaran nori yang telah dipotong seukuran keripik. Campurkan air dengan tepung maizena, celupkan nori yang telah dipotong ke dalam adonan ini, lalu goreng di atas minyak agak banyak dalam kondisi panas. Setelah nori berhasil digoreng, segera tiriskan dan bumbui dengan garam.

Kreasi apa lagi setelah keripik ini selesai dibuat? Kamu bisa mengaduknya bersama cabai bubuk, bumbu BBQ, cocolan mayones, ataupun menjadikan keripik ini sebagai dasar camilan lainnya. Misalnya dicocol ke dalam salad telur, potongan ikan tuna atau salmon, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan ide-ide tadi? Dari yang tersimpel seperti nori yang kita olah kembali hingga keripik yang membutuhkan persiapan lebih, tentu tidak ada yang sia-sia. Ada juga beberapa ide menjadikannya sebagai resep onigiri untuk kelak bekal makan siang setelah masuk kantor kembali. Sementara ini toh namanya juga demi membetahkan diri di rumah selama belum bisa kemana-mana, bukan?

Anyway, selamat mencoba, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.