Yuk, Pelajari Cara Makan Kepiting Seperti Seorang Penikmat Kuliner Profesional!

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 20, 2018

Bagaimana tepatnya cara makan kepiting agar kenikmatan terasa maksimal? Itu adalah satu pertanyaan yang diajukan para penggemar sajian boga bahari. Hewan laut jenis krustasea ini memang istimewa. Selain harganya yang tidak murah, kepiting umumnya tersaji hanya di kala ada momen istimewa. Apakah itu karena baru gajian, atau memang ketika acara makan besar bersama keluarga tercinta.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara makan kepiting yang benar. Tujuan lainnya adalah agar tidak ada daging yang tersia-siakan. Tentu sayang bukan kalau ada bagian-bagian khusus yang tidak berhasil dikeruk hanya karena kesulitan untuk mengambilnya? Berikut Tim MAHI berbagi beberapa tips khusus untuk dicoba segera pada acara makan akhir pekan ini!

Persiapan

pelajari cara makan kepiting cabai khas Singapura
Kepiting yang bersaus banyak seperti ini akan membuat tangan berlumuran. Siapkan taplak plastik dan celemek agar lebih rapi menikmatinya. (Foto: Shutterstock)

Menikmati sajian seafood umumnya mengharuskan kita menggunakan tangan. Alasannya sederhana – lebih mudah sekaligus lebih seru! Khusus untuk kepiting, biasanya akan tersaji dengan lumuran saus yang lezat. Maka dari itu bila ingin menikmatinya di rumah, pastikan untuk menyiapkan semacam taplak plastik yang mudah untuk dibersihkan. Bahkan agar menjaga baju tetap bersih, pertimbangkan juga untuk mengenakan celemek.

Selebihnya, siapkan beberapa peralatan yang akan membantu kita untuk lebih mudah mengeruk dagingnya. Contohnya adalah garpu kecil, palu, ataupun penjepit yang masing-masing memiliki fungsi khusus. Umumnya alat-alat ini tersedia di restoran dan jangan lupa untuk menggunakannya. Biasanya ketika bertandang ke warung-warung seafood, maka tanganlah yang menjadi senjata utama.

Saat menikmati kepiting

cara makan kepiting yang tepat adalah menggunakan tangan
Serunya bersantap kepiting dengan tangan! Lengkapi dengan alat-alat lainnya agar semua daging dapat dinikmati. (Foto: Shutterstock)

Setelah kepiting tersaji, yang pertama dilakukan adalah memisahkan kaki-kaki kepiting dari badannya. Lakukan gerakan pelintir agar lebih mudah melepasnya. Sisihkan bagian kaki beserta capitnya untuk nanti dinikmati.

Selanjutnya adalah bagian badannya. Lepaskan bagian “celemek” dari kepiting – biasanya berbentuk seperti lempengan kulit kecil yang menjulur keluar. Kemudian, pisahkan bagian atas badan kepiting yang berbentuk lempengan besar dengan bagian bawah badannya. Lakukan proses yang satu ini dengan hati-hati.

Ketiga, belah dua bagian bawah badannya yang berisi daging ini. Nikmati dengan tangan atau gunakan pisau dan alat-alat lainnya untuk mengeruk bagian yang agak sulit.

Terakhir dan yang paling menantang adalah menikmati daging yang berada di dalam kaki ataupun capit. Gunakan penjepit untuk meretakkan capitnya. Buka perlahan dengan menggunakan tangan ataupun alat makan lainnya. Palu juga dapat digunakan untuk meremukkan bagian kulit yang sulit untuk dikupas. Gunakan garpu kecil untuk mengambil daging yang sulit untuk diraih dengan jari ataupun alat makan pada umumnya.

Tidak lupa, pelajari tips-tips untuk memasak kepiting yang praktis. Sebagai pendamping hidangan istimewa ini, beberapa resep seperti Nasi Cumi Cabe Hijau, Ikan Goreng Kecap Manis, ataupun Udang Goreng Mentega. Jangan lupa juga untuk cek bagian bumbu-bumbu yang bakal dibutuhkan saat proses memasak nanti.

Demikian tips-tips singkat dari Tim MAHI khusus untuk sahabat sekalian yang berencana untuk menikmati makan malam seafood akhir pekan ini bersama keluarga tercinta. Praktekkan kiat-kiat ini dan ajari keluarga cara makan kepiting seperti seorang profesional. Semua pasti akan terkagum-kagum!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.