Tips Memasak Kepiting Anti Ribet

Wina|Mei 8, 2018

Dari sekian banyak pilihan seafood terselip di antaranya kepiting, lobster, atau jenis-jenis krustasea lainnya seperti udang. Mungkin hanya yang terakhir yang paling kita sering olah di dapur ketimbang kepiting misalnya. Apakah karena rasa ragu mengenai caranya ataukan hanya karena terindimidasi dengan bentuknya? Apapun itu, aku ingin mengajak kamu menaklukkan perasaan itu dan berbagi tips memasak kepiting mudah.

Krustasea atau jenis seafood yang biasanya berubah warna menjadi oranye ketika dimasak memang dihargai cukup mahal. Udang selalu menjadi pilihan lebih murah karena relatif mudah diolah, enak, dan tersedia dalam bermacam-macam jenis. Sementara yang memiliki kulit kokoh dan capit seperti kepiting atau lobster, wah mungkin lebih enak menikmatinya di restoran kali ya kalau kurang pede mengolahnya.

Padahal banyak cara memasak kepiting kok teman-teman. Memang awalnya aku juga ragu ketika menghadapinya tapi ternyata tidak yang semenakutkan itu justru. Bahkan kepiting hidup jauh lebih lezat ketika kita berhasil mengolahnya.

Kuncinya adalah “menjinakkan” dulu kepiting sebelum dimasak. Paling mudah biasanya dimasukkan dulu ke dalam freezer atau kotak pendingin. Tidak lama, kepiting akan menjadi lesu dan mudah dikendalikan. Pada saat itulah waktunya untuk dimasak.

Nah, kita baca yuk tips memasak kepiting agar makan malam hari lebih istimewa!

1. Merebus kepiting

Metode ini adalah cara paling umum sekaligus paling mudah dalam mengolah kepiting. Cukup dengan mendidihkan air yang telah digarami di dalam panci besar terlebih dahulu. Kemudian masukkan kepiting dan kembali didihkan air hingga kepiting matang dan mengambang. Lama merebus biasanya hanya sekitar 10-15 menit.

2. Mengukus kepiting

Mengukus adalah alternatif yang tepat untuk memasak kepiting. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang dikukus selalu menjadi favoritku karena konon selain lebih sehat, kandungan nutrisi lebih terjaga dibandingkan ketika dimasak dengan cara lain. Selain itu daging biasanya terasa lebih juicy.

Pertama siapkan panci kukusan dan tambahkan air garam secukupnya di dasar. Kemudian setelah panas, taruh kepiting di dalam panci kukusan. Tutup panci dan biarkan selama 15 menit kepiting terkukus di atas api sedang. Setelahnya ambil dengan menggunakan jepitan dan biarkan sejenak untuk sejuk agar mudah mengambil dagingnya.

3. Membakar kepiting

memasak kepiting
Salah satu cara mengolah favorit untuk dinikmati di restoran biasanya adalah dengan membakar kepiting. (Foto: Shutterstock)

Salah satu yang selalu diincar saat berkunjung ke restoran seafood adalah kepiting bakar. Begitu banyak yang kombinasi rasa yang bisa dicoba mulai dari gaya tradisional hingga bumbu marinasi khas Barat. Meskipun masih terbilang cukup mudah, teknik membakar membutuhkan beberapa tambahan langkah dibanding cara lainnya.

Pertama-tama kepiting sebaiknya direbus atau dikukus setengah matang terlebih dahulu. Bersihkan dan marinasi kepiting dengan bumbu pilihanmu. Selanjutnya bakar kepiting di setiap sisinya kurang lebih selama 5 menit. Lumuri dengan bumbu marinasinya bila perlu agar permukaan kepiting tidak kering dan menjadi sulit diangkat. Kepiting kemudian siap dinikmati!


Selain itu kepiting juga bisa diolah dengan cara dipanggang di oven, tapi sesuai janjiku tadi di awal – kali ini kita akan mengolah kepiting tanpa ribet. Mudah-mudahan lain waktu kita bisa bahas lagi ya.

Nah, semoga tips singkat dariku bisa membantu kamu menaklukkan makhluk cantik yang satu ini. Setelah berhasil, dijamin rasa percaya diri kamu akan meningkat dua ratus persen!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.