Tips Belanja Online Sayur dan Kebutuhan Pokok yang Efisien

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Mei 1, 2020

Masa pandemi menciptakan gaya hidup baru. Tak hanya membuat kita lebih banyak berdiam diri di rumah, tapi juga intensitas belanja online menjadi meningkat. Bukan untuk beli baju atau gadget, kini belanja sayur pun terpaksa harus dilakukan secara online karena keterbatasan mobilitas kita.

Beli sayuran dan kebutuhan pokok secara online tidak sesederhana membeli pakaian. Hal ini karena sayuran, daging-dagingan, hingga buah tidak bisa bertahan lama berada di dalam suhu ruang. Jika kita tidak menyusun strategi, tak menutup kemungkinan kita justru akan lebih boros.

Nah, kali ini tim MAHI berbagi tips belanja online sayur dan kebutuhan pokok yang efisien sekaligus aman. Yuk, kita simak ulasan berikut ini!

1. Cek kebutuhan masak kita

Tangan memegang paprika dengan belanjaan sayuran di belakangnya.
Buat daftar belanja yang bijak sebelum membeli. (Foto: Shutterstock)

Jangan sampai karena panik, kita membeli banyak barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Panic buying tak hanya merugikan kita sendiri karena bisa jadi makanan jadi terbuang percuma. Selain itu, merugikan orang lain yang benar-benar membutuhkan. Sebelum berbelanja, pastikan untuk mengetahui bahan apa saja yang sudah habis di kulkasmu. Ukur seberapa banyak kamu perlu membeli bahan makanan tersebut agar tidak membeli  terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

2. Pilih platform belanja online terpercaya

Khususnya di kota besar, kini ada banyak platform belanja online sayur mayur yang bisa kita pilih. Bentuknya bisa berupa aplikasi hingga website khusus. Kamu bisa bertanya rekomendasi platform belanja online sayur kepada kerabat maupun teman.

Cari tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mereka mengirim paket. Karena permintaan meningkat, biasanya beberapa platform cukup kewalahan memenuhi pesanan. Alhasil, waktu pengiriman bisa mundur. Jika tidak bisa dikirim dalam waktu dekat, atur kembali keranjang pembelanjaanmu dan pilih bahan makanan yang tidak bersifat urgen.

3. Pilih ekspedisi pengiriman yang cepat

Seorang pria mengantarkan paket sayuran di depan pintu
Pilih kurir tercepat bilang memungkinkan untuk memastikan agar pesanan tiba segera. (Foto: Shutterstock)

Karena produk yang kita beli cenderung cepat busuk atau basi, ekspedisi pengiriman memegang andil yang besar. Untuk itu, sebaiknya kamu belanja sayur online di kota yang sama dengan tempat tinggalmu, atau lebih baik lagi jika tempatnya tidak jauh dari rumahmu. Akan lebih baik lagi, jika kamu mengetahui kontak kurir yang mengirimkan belanjaanmu. Tujuannya agar kamu bisa dengan mudah mengecek keberadaannya.

4. Jangan mudah tergoda diskon

Tak sedikit platform belanja online yang menawarkan diskon besar-besaran. Nah, jangan langsung tergoda, ya. Kita tak pernah tahu kualitas produk yang didiskon seperti apa. Misalnya saja diskon daging ayam yang mungkin saja kualitasnya sudah kurang bagus. Hal ini sangat memengaruhi rasanya, hingga kesehatan kita, lho. Namun, jika kamu yakin toko yang mengeluarkan diskon memiliki produk yang pasti berkualitas, kamu boleh mempertimbangkannya. Tak ada salahnya kan berhemat di situasi tak menentu seperti ini, bukan?

5. Beli sayuran yang tidak cepat busuk

Selanjutnya, perhatikan jenis sayuran yang kamu beli. Karena intensitas belanja tidak sesering biasanya, kita perlu mengatur jenis sayuran yang dibeli. Misalnya saja, wortel dan buncis cenderung lebih awet disimpan dibandingkan kangkung dan bayam. Untuk itu, kamu bisa menyetok wortel dan buncis lebih lama. Jika kamu membeli sayuran yang lebih mudah busuk seperti bayam dan kangkung, sebaiknya dimasak di hari pertama pembelian. Sedangkan sayuran yang lebih tahan lama bisa disimpan untuk hari-hari selanjutnya.

Demikian tips belanja online sayur yang bisa kamu ikuti agar lebih efisien. Simak juga aneka resep sayuran  untuk keluarga tercinta di rumah!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.