4 Takjil Buka Puasa yang Bisa Kamu Buat Sambil Ngabuburit

Chef Panji|Mei 25, 2018

Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu ngabuburit dengan menonton video online atau bahkan tidur. Tapi sebagai chef, saya terbiasa untuk produktif bahkan ketika di rumah. Nah bagaimana kalau kali ini kita sama-sama membuat takjil enak untuk buka puasa? Berikut saya bagi 4 takjil buka puasa yang bisa kamu buat di rumah sambil ngabuburit.

Lumpia Basah

takjil buka puasa
Berisi sayuran dan telur, cemilan yang satu ini ternyata rendah karbo lho! (Foto: Shutterstock)

Kalau Chef berkunjung ke kota Bandung, pasti wajib menyantap jajanan yang satu ini. Isi dari lumpia basah dibuat dari campuran telur, tauge dan rebung yang ditumis dengan aneka bumbu. Rasanya manis dan gurih. Tambah sambal pastinya lebih enak! Lumpia basah juga cocok untuk kamu yang ingin mengurangi makan serba digoreng dan jelas tidak kalah lezat dengan saudaranya – lumpia goreng.

Untuk membuat lumpia basah, kamu membutuhkan: kulit lumpia, rebung, tauge, telur, bawang putih, bawang merah, tepung tapioka, gula merah, dan air.

Berikut langkah membuatnya:

  1. Rebus irisan rebung bersama gula merah sampai berubah warna dan layu.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Kemudian masukkan telur dan masak orak arik. Tambahkan rebung yang sudah rebus beserta tauge. Tumis hingga matang dan tambahkan garam serta merica secukupnya.
  3. Ambil selembar kulit lumpia dan balurkan rata dengan saus yang dibuat dari campuran air rebusan rebung dengan tepung tapioka sebanyak 1 sdm. Isikan lumpia dengan tumisan rebung dan tauge. Lipat hingga rapi dan lumpia basah siap disantap!

Bitterballen Mozzarella

takjil buka puasa
Ketika digigit, lelehan mozzarella langsung membanjiri mulut kamu! (Foto: Shutterstock)

Cemilan yang satu ini pasti laris manis dan jadi rebutan seluruh keluarga! Untuk membuat takjil buka puasa ini kamu membutuhkan: daging sapi cincang, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, kecap Inggris, Royco Kaldu Ayam, telur, terigu, tepung panir, susu cair, keju mozzarella, daun peterseli, oregano, garam, dan mentega.

Cara membuatnya:

  1. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang sampai wangi. Lalu masukkan daging sapi cincang dan tumis hingga berubah warna. Tambahkan kecap Inggris, garam, dan Royco Kaldu Ayam secukupnya. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Lelehkan mentega dengan api kecil. Masukkan terigu dan aduk hingga rata. Tambahkan susu dan aduk sampai adonan tidak ada yang menggumpal lagi. Kemudian masukkan tumisan daging dan campur rata. Bumbui dengan oregano dan daun peterseli.
  3. Siapkan beberapa mangkuk ukuran sedang berisikan keju mozzarella, tepung terigu, telur yang telah kocok, dan tepung panir. Jangan lupa untuk memanaskan wajan berisi minyak goreng.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan pipihkan sedikit agar bisa diisikan dengan keju mozzarella. Bulatkan kembali dan masukkan secara berturut-turut ke dalam tepung terigu, telur dan tepung panir. Ulangi hingga adonan habis.
  5. Goreng adonan bitterballen hingga keemasan. Sajikan selagi hangat.

Tahu Gejrot

takjil buka puasa
Jajanan khas Cirebon ini pasti jadi incaran semua orang! (Foto: Shutterstock)

Ini nih cemilannya urang Sunda! Untuk takjil buka puasa ini kamu membutuhkan: tahu Sumedang, bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, Kecap Manis Bango, gula merah, air, asam jawa, dan garam.

Berikut cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan garam lalu sisihkan.
  2. Panaskan air lalu masukkan gula merah, Kecap Manis Bangodan asam jawa. Masak hingga mendidih dan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata.
  3. Potong-potong tahu yang sudah digoreng kemudian siram dengan bumbu. Tambahkan potongan cabai rawit serta bawang merah.

Cilok Saus Kacang

Aci dicolok ya jadinya cilok! Jajanan ini sedang jadi kesayangan orang Jakarta karena enak dan mudah membuatnya. Untuk membuat cilok, yang kamu butuhkan adalah: bawang putih, tepung terigu, tepung tapioka, merica, Royco Kaldu Ayamgula pasir, garam, dan air panas.

Berikut tiga langkah membuatnya:

  1. Campur tepung terigu dengan bawang putih, daun bawang, merica bubuk, gula pasir, Royco Kaldu Ayam, dan garam. Aduk hingga rata kemudian tuang air panas secara perlahan.
  2. Tambahkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan secara perlahan. Di sini diperlukan kesabaran agar adonan kamu lembut dan rata. Setelah dirasa sudah cukup, bentuk bulat-bulat kecil.
  3. Didihkan air, kemudian rebus adonan cilok hingga mengapung. Sajikan bersama sambal kacang.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.