Ragam Tips Masakan Ini Akan Membuatmu Terlihat Seperti Chef!

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|September 12, 2018

Kamu menyukai steak daging yang smokey dan garing di luar namun moist dan juicy di dalamnya? Atau bagaimana kalau membuat adonan bumbu ayam goreng tepung yang gurih dan hasil akhirnya yang tebal tepungnya namun tetap matang di dalamnya? Kamu butuh tips masakan yang membuat hidanganmu terlihat seolah sebuah karya dari seorang chef. Begitu juga dengan beberapa masalah di dapur yang seringkali membuatmu malas kembali memasak.

Ini beberapa tips masakan yang penting kamu ketahui:

1. Kulit salmon pan-fried crispy

Sama halnya seperti steak daging, pastikan wajan benar-benar panas sebelum meletakkan salmon. Beri 1 sendok makan minyak, letakkan salmon dengan kulit menghadap ke wajan. Masak hingga kulit salmon kecokelatan dan garing, lalu balikkan. Masak kembali permukaan salmon di satu sisinya hingga pori-pori permukaannya terkunci ditandai dengan perubahan warna. Kecilkan api, masak hingga salmon matang sesuai tingkat kematangan yang diinginkan. Hindari memasak terlalu lama agar masih mendapat daging salmon yang juicy.

tips masakan
Kulit salmon yang garing bikin ketagihan. (Foto: Shutterstock)

2. Masakan keasinan

Kamu pasti sebal kalau masakanmu keasinan. Cobalah tips yang satu ini!

Masukkan potongan kentang ke dalam masakan. Biarkan kentang menyerap rasa asin yang berlebihan di dalam kuah masakan. Angkat saat sudah matang, keluarkan kentang.

3. Steak moist di bagian dalam dan garing di luar

Pastikan wajan anti lengket atau grilling pan benar-benar panas sebelum meletakkan steak. Masak hingga kecokelatan di kedua sisinya. Kemudian kecilkan api, masak hingga tingkat kematangannya sesuai yang kamu inginkan. Suhu tinggi di awal proses pemasakan akan mengunci permukaan daging sehingga sari daging tidak keluar dan akan membuat bagian dalam steak tidak kering.

4. Pilih pisau multifungsi

Pisau adalah sahabat chef di dapur. Pilih jenis pisau yang tepat yang akan membantumu dalam kecepatan dan kerapihan dari bentuk setiap potongan. Selain bilah pisau wajib tajam, gunakan pisau dengan bilah lebar di bagian pangkal pisau.

Pilih pisau tipe vegetable knifechef’s knife atau deba knife (istilah bentuk pisau Jepang) yang punya bilah lebar di pangkal pisau. Bilah yang lebar ini membuat proses memotong, mengiris, dan mencincang lebih nyaman dan membantu kala proses penekanan memotong bahan sayuran atau daging.

tips masakan
Pilih pisau yang tepat untuk teman di dapur. (Foto: Shutterstock)

5. Memasak bubur nasi dengan cepat dan mudah

Memasak bubur cenderung lebih lama karena beras membutuhkan waktu matang dan pecah yang lama dalam suhu panas. Cara tercepat adalah dengan merendam beras semalaman terlebih dahulu. Cara ini efektif membuat beras lebih cepat matang menjadi bubur.

Ingin lebih praktis tanpa harus repot memasak di kompor? Ini cocok bagi kamu yang ingin sarapan bubur ayam kampung di pagi hari. Masak bubur dalam semalam sebelumnya dengan memasukkan semua bahan bubur ke dalam rice cooker atau slow cooker. Paginya bubur telah siap saji tanpa perlu repot.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.