Tips dan Resep Mac and Cheese Enak Tanpa Oven

Simpan ke bagian favorit

Wina|Februari 5, 2019

Untuk para pencintanya, biasanya masing-masing punya versi yang berbeda-beda soal resep mac and cheese. Menurut saya, mac and cheese yang enak adalah yang memiliki cita rasa keju yang berani, tekstur saus yang moist dan menyelimuti setiap makaroni dengan merata. Aduhai, membayangkannya saja membuat air liur menjadi terbit, apalagi kalau tersaji di depan mata!

Nah, sebagai penggemar pasta panggang dengan saus keju dan berdasarkan pengalaman membuatnya, ada beberapa hal yang sebetulnya sangat penting dalam proses memasaknya. Tujuannya adalah menghasilkan sajian pasta panggang dengan hasil yang maksimal! Berikut adalah beberapa tips dan juga resep dari saya.

Pasta al dente

Mac and cheese adalah hidangan pasta panggang yang memadukan makaroni dengan saus keju dan taburan keju parut di atasnya. Terjadi dua kali proses pemasakan di sini, yaitu merebus pasta dan memanggang pasta bersama sausnya. Dengan demikian, kamu perlu memperhatikan tingkat kematangan pasta agar saat sesudah dipanggang, pasta tak lantas jadi overcooked atau kematangan. Pastikan memasak pasta hingga tingkat kematangan al dente atau bagian dalamnya masih terasa kenyal.

Buat saus bechamel

Makaroni cocok dipanggang bersama saus bechamel yang creamy dan gurih. Gunakan susu cair berkualitas agar cita rasa sausmu juga enak. Bechamel merupakan saus dasar putih yang digunakan ke dalam banyak masakan dan salah satunya adalah untuk resep-resep pasta. Sejatinya saus bechamel dibuat dari mentega leleh dan tepung terigu yang diaduk hingga berpasir dan kemudian dikentalkan dengan susu cair. Berkat kehadiran Royco Sup Krim Ayam, aku jadi tak perlu repot membuat saus bechamel. Supnya yang creamy dan gurih bisa jadi alternatif saus putih untuk memanggang pasta!

Gunakan lebih dari satu jenis keju

Agar cita rasa keju lebih kaya, kamu juga bisa memadukan beberapa jenis keju kesukaan. Misalnya untuk kebutuhan membuat satu resep mac and cheese dengan 150 gram keju, kamu bisa menggunakan tiga jenis keju – cheddar, mozzarella, dan parmesan. Atau kamu juga bisa memadukan dengan beberapa jenis soft cheese seperti cream cheese, ricotta, dan mascarpone.

Resep mac and cheese

Sebagai inspirasi untukmu, berikut ini adalah resep mac and cheese favoritku yang seringkali aku sajikan di rumah untuk keluarga tercinta.

Bahan:

  • 1 bungkus Royco Sup Krim Ayam
  • 400 ml air
  • 150 gram keju diparut
  • 3 kuning telur
  • 200 g makaroni
  • air
  • 50 g tepung roti kuat panko
  • 3 sdm minyak

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis tepung panko hingga kecokelatan, angkat. Sisihkan. Rebus makaroni hingga hampir matang. Tiriskan.
  2. Masukkan air dan Royco Krim Sup Ayam dalam wajan antilengket, aduk. Masak hingga mengental sambil terus diaduk.
  3. Dalam mangkuk terpisah, campur keju dan telur. Masukkan keju dan telur ke dalam Royco Krim Sup Ayam, tambahkan makaroni, aduk, ratakan. 
  4. Taburi tepung panko, angkat. Sajikan.

Bagaimana dengan tips-tips tadi dan satu resep dariku ini? Semoga menginspirasimu untuk terus memasak di rumah dan berkreasi dengan variasi mac and cheese lainnya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.