Jenis Masakan


Tips Menyiapkan dan Merancang Menu Masakan untuk Seminggu

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 20, 2019

Sulit meluangkan waktu untuk memasak karena terlalu sibuk? Tidak bisa dipungkiri, memasak memerlukan waktu yang tak sebentar. Mulai dari menyiapkan bahan makanan hingga mengolahnya, apalagi jika resep menu masakan yang dipilih cukup kompleks.

Namun, tantangan tersebut tak datang tanpa solusi. Kita bisa menyiapkan menu masakan dari jauh-jauh hari. Istilah populernya adalah meal prep, yang merupakan kependekan dari meal preparation.

Persiapan menu masakan rupanya bisa dilakukan untuk rentang satu minggu. Bagaimana cara melakukannya dan apa saja sih yang perlu diperhatikan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Tentukan menu masakan

Sebelum membeli bahan makanan, tentu kita perlu tahu menu masakan yang akan dibuat. Jika kita memasak untuk sekeluarga, tanyakan juga kepada anggota keluarga menu apa yang mereka inginkan. Buat daftar menu untuk mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan dan pelajari kesukaan mereka.

Meskipun demikian, masakan setiap harinya tak harus berbeda banyak, kok. Untuk yang baru memulai, tak perlu terlalu ambisius dalam menentukan menu jika dirasa memberatkan. kita bisa mengulang menu yang sama untuk beberapa hari, begitupun dengan mengatur tingkat kesulitannya. Kombinasikan resep simpel dengan resep yang agak rumit sehingga waktu memasak lebih terkendali.

2. Hitung jumlah bahan makanan

Tangan perempuan memasukkan potongan buncis ke dalam food container.
Perhitungkan jumlah bahan masakan agar tidak kurang ataupun terbuang. (Foto: Shutterstock)

Setelah mengetahui bahan makanan apa saja yang perlu dibeli, perhitungkan juga kuantitasnya. Esensi dari konsep meal prep adalah tidak berlebihan. Pastikan takarannya sesuai dengan porsi makanan selama tujuh hari.

Takaran bahan masakan juga bergantung pada berapa anggota keluarga di rumah. Biasanya, meal prep dapat lebih mudah diaplikasikan pada keluarga kecil dengan jumlah porsi yang tak banyak. Namun, jika anggota keluarga di rumahmu cukup banyak, pastikan untuk memiliki wadah yang agar besar untuk menyimpan bahan makanan.

3. Tidak sembarang mencuci sayur dan daging

Ketika bahan-bahan sudah sampai di dapur. Tugas kita selanjutnya adalah memilah sayuran, rempah, dan daging-dagingan. Kita bisa memotong sayuran sesuai dengan menu yang akan dibuat. Namun, sebaiknya jangan dicuci dulu karena akan cepat layu.

Begitupun dengan daging sapi atau daging ayam. Setelah dipisahkan, kita bisa memotongnya tapi tidak mencucinya. Ini dikarenakan air akan membuat bakteri lebih menyebar. Mencuci daging sapi terlebih dahulu sebelum disimpan di lemari es juga akan membuat teksturnya berubah setelah dimasak.

Namun, jika ingin proses memasak lebih praktis, bisa saja kita mengungkep daging dan ayam terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar tekstur daging empuk ketika diolah di hari yang berbeda.

4. Persiapkan wadah yang tepat

Empat mason jar besar berisi potongan sayuran, salah satunya terbuka.
Glass jar seperti ini juga bisa jadi pilihan aman untuk menyimpan makanan dalam waktu lama. (Foto: Shutterstock)

Pemilihan wadah untuk menyimpan makanan juga tak kalah pentingnya. Kita bisa menggunakan food container berbahan plastik, keramik, atau kaca dengan penutup rapat. Jika memakai bahan plastik, pastikan untuk memilih wadah dengan label bebas bisphenol-A (BPA-Free) dan opsional, approved by FDA (Food and Drug Administration dari Amerika Serikat).

Bahan plastik tidak semuanya aman dan ada beberapa jenis yang hanya bisa digunakan sekali saja. Jika digunakan berulang dalam jangka waktu panjang, bahan plastik bisa mengeluarkan senyawa karsinogen atau pemicu kanker untuk tubuh.

5. Ide menu masakan seminggu

Untuk yang masih kebingungan memasak apa untuk seminggu, ada beragam resep yang bisa ditemukan di laman MAHI. Kombinasikan protein, serat, dan karbohidrat dengan seimbang.

Misalnya saja, untuk hari Senin kita bisa memasak ayam goreng mentega dipadukan dengan tumis buncis udang dan perkedel jagung. Menggunakan bahan yang sama, kita bisa memilih resep ayam sambal matah dengan semur sayur campur. Pilihlah protein dan sayuran sesuai kebutuhanmu dan Masak Apa Hari Ini akan memberikan solusinya.

Memang, dibutuhkan 2-4 jam dalam satu hari untuk menyiapkan bahan masakan untuk satu minggu. Namun, dengan persiapan yang matang, aktivitas sehari-hari jadi lebih praktis, bukan?

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.