5 Cara Membuat Salad Sayur untuk Sarapan Sehat Sehari-hari

Simpan ke bagian favorit

Maddie|April 4, 2019

Ada banyak cara membuat salad sayur untuk menu sarapan sehari-hari, khususnya bagi kamu yang punya misi mulia ingin menyehatkan badan. Berikut aku bagi beberapa formula mudah membuat salad sayur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Disesuaikan, karena ada kalanya kamu ingin menambahkan daging ataupun juga bagi mereka yang vegetarian agar bisa menikmatinya. Yuk, kita simak caranya!

1. Caesar Salad Vegetarian

Cara membuat salad sayur Caesar.
Caesar Salad adalah salah satu salad paling elegan sepanjang masa. (Foto: MAHI)

Cerita asal mulanya yang unik justru menjadikan Caesar Salad sebagai salah satu menu salad sayur yang legendaris. Konon sajian klasik ini tercipta karena habisnya bahan-bahan di restoran milik imigran Italia, Caesar Caldini, yang terletak di Meksiko pada tahun 1920an.

Lazimnya, Caesar Salad memiliki beberapa jenis protein hewani, yaitu anchovy (sejenis ikan asin), telur rebus, dan ayam panggang serta keju Parmesan. Kalau kamu ingin membuatnya tanpa unsur hewani, maka cukup menyiapkan selada Romaine, minyak zaitun, bawang putih, garam, merica hitam, air jeruk lemon serta tentunya – crouton. Sisanya kamu bisa menyiapkan kecap Inggris (Worcestershire Sauce) serta Dijon mustard sebagai dressing-nya.

2. Salad Kale Mudah

Sebagai superfood kekinian, kale terkenal karena nutrisinya yang sangat tinggi. Beruntungnya, kini kita semakin mudah menemukan kale di berbagai supermarket di Indonesia. Karena bentuknya yang mirip selada, kale juga cocok dijadikan sebagai salad bahkan sup dan minuman.

Salah satu formula mudah untuk membuat salad kale adalah dengan memadukannya bersama bawang bombay merah, cuka, gula, minyak zaitun, garam, dan merica hitam. Bila kamu tidak keberatan dengan hadirnya keju Parmesan, maka gunakanlah sebagai topping.

3. Cara membuat salad sayur a la Yee Sang

Cara membuat salad sayur Yee Sang.
Kamu bisa juga berkreasi membuat salad seru seperti yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

 

Sajian Yee Sang biasanya dinikmati pada awal tahun oleh etnis Tionghoa, namun dalam kesehariannya bisa saja kamu mencoba memadukan berbagai elemennya untuk menjadikannya sebuah hidangan sehat. Yang jelas kamu hanya perlu berepot-repot membeli beberapa bahan hasil cara membuat salad sayur ini semakin istimewa.

Gunakan bahan-bahan seperti lobak putih, paprika merah, wortel, ketumbar, jeruk limau, jahe merah, cabai, kacang, dan biji wijen. Opsional bila kamu menginginkan hadirnya protein hewani, maka perlu juga menyediakan irisan ikan salmon yang sushi-grade. Aslinya bahkan ada juga penambahan ubur-ubur serta ebi. Siapkan saus buah plum bila tak ingin repot, karena aslinya paduan saus untuk Yee Sang jauh lebih bermacam-macam.

4. Salad kacang almond dan quinoa

Inilah dia perpaduan dua bahan yang sangat kekinian. Kita tahu bahwa kacang almond begitu banyak digunakan di berbagai resep dan bahkan sudah diperas hingga menjadi susu sehat bagi para penganut vegetarian. Sementara quinoa adalah pilihan karbohidrat sehat pengganti nasi yang semakin tenar. Kali ini, keduanya bisa digabungkan dengan apik!

Caranya adalah masak terlebih dahulu quinoa. Kemudian padukan bersama sayuran seperti mentimun Jepang, bayam, brokoli, serta daun rocket atau arugula. Gunakan mentega yang dibuat dari almond bila ada, atau bubuhan kacang almond yang sudah dihancurkan. Tambahkan minyak zaitun serta perasan lemon dan bubuk cabai untuk rasa sedikit pedas.

5. Salad sayur suka-suka

Cara membuat salad sayur dengan buah apel.
Di lain kesempatan, buatlah salad dengan menggunakan kacang walnut dan buah apel. (Foto: Shutterstock)

Terakhir, kamu juga bisa mengkreasikan berbagai bahan yang kamu miliki atau kamu ketahui dengan saus kesukaanmu. Biasanya salad bisa terbentuk dari berbagai macam bahan yang tersedia dan tentunya kita sudah semakin paham apa-apa saja yang perlu dikombinasikan.

Sebagai usulan terakhir, bagaimana kalau kamu padukan bahan-bahan berikut ini? Siapkan dressing berupa saus mayones atau cukup minyak zaitun. Kemudian, gabungkan bersama selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun Jepang, dan jagung manis. Mudah, bukan?


Jangan lupa bahwa kamu juga bisa memanfaatkan resep-resep khas Indonesia sebagai cara membuat salad sayur yang sehat. Masak Apa Hari Ini pernah berbagi resep Gado-Gado, Urap Sayur Manis Pedas, serta Karedok. Rasanya yang nostalgia selalu saja bisa menemani hari-hari kita menikmati gaya hidup yang semakin sehat ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.