Ketahui Cara Membuat Omelet Prancis Berikut Ini!

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Februari 19, 2019

Omelet Prancis berbeda dari kebanyakan omelet yang kita sering jumpai dalam keseharian kita. Tekstur luarnya yang mulus dan isi omeletnya yang masih lembut dan tidak padat merupakan keistimewaan dari jenis omelet yang satu ini. Yang satu ini memang membutuhkan sedikit keterampilan lebih dalam membuatnya, namun jangan khawatir karena MAHI akan berbagi langkah demi langkah dalam membuatnya!

Konon, omelet khas Prancis ini merupakan ujian tersendiri bagi para koki yang ingin bekerja di restoran-restoran ternama di negeri kuliner tersebut sejak zaman dahulu. Para pemilik restoran ataupun chef seniornya akan mampu untuk menilai keahlian masak seseorang hanya berdasarkan keterampilannya dalam membuat omelet yang unik ini. Ketika lulus, karir di dunia memasak yang sangat dihormati di negeri itu seolah menjadi jaminan tersendiri untuk masa depannya.

Omelet Prancis tersaji saat makan pagi.
Tipikal teman sejati omelet Prancis adalah roti serta jus ataupun kopi dan teh. (Foto: Shutterstock)

Kembali ke cara membuatnya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ketahui untuk membuatnya:

Gunakan wajan yang tepat dan mulus

Beruntung di masa kini kita bisa menggunakan wajan teflon mulus untuk membuat omelet Prancis dibandingkan zaman dahulu yaitu dengan wajan besi karbon. Tujuan dari mulusnya wajan ini adalah agar permukaan yang mulus dari omelet dapat terjaga dengan baik. Selain itu, gunakan wajan berukuran sedang yang dapat menampung setidaknya tiga butir telur untuk membuat omelet jenis ini.

Siapkan garpu plastik

Satu poin menarik dari tips dan trik dalam membuat omelet Prancis ini adalah penggunaan garpu plastik. Rupanya kaitannya adalah demi menjaga permukaan wajan itu sendiri. Penggunaan sendok logam diyakini dapat merusak permukaan wajan dalam jangka waktu panjang. Mengapa demikian? Itu dikarenakan adanya proses pengadukan telur saat memasak omelet Prancis. Tentunya bahan plastik yang lebih lunak akan memudahkan proses tersebut sekaligus menjaga kualitas wajan.

Proses memasak omelet Prancis

Pertama-tama, aduk tiga butir telur ayam segar dalam mangkuk hingga merata. Usahakan agar permukaan telur yang telah diaduk tidak menyisakan sedikitpun putih telur. Ini akan memengaruhi hasil akhir dari omelet. Selanjutnya bubuhi garam terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar telur dapat menjaga kelembapannya serta menjadikannya lembut.

Selanjutnya panaskan wajan dengan menggunakan api sedang. Lelehkan satu potong mentega atau secukupnya untuk memasak omelet berukuran tiga butir telur sekaligus. Goyangkan wajan agar mentega memenuhi seluruh permukaan wajan dan pastikan agar mentega tidak hangus karena api yang terlalu besar.

Kemudian, tuangkan telur ayam yang telah diaduk dan segera aduk dengan cepat, konstan dan mengikuti bentuk lingkaran. Gunakan tangan kiri untuk menggoyangkan terus wajan sembari mengikuti gerakan tangan kanan yang mengaduk telur. Pastikan agar pinggiran telur yang biasanya masak terlebih dahulu untuk ditarik ke tengah agar tidak gosong. Berhentilah memasak saat telur sudah berubah teksturnya menjadi mulai padat namun tetap lembut dan tidak mencapai konsistensi scrambled eggs. 

Omelet Prancis tersaji di atas piring hitam.
Omelet Prancis membalut sempurna isiannya yang masih lembut dengan permukaannya yang matang. (Foto: Shutterstock)

Berikut ini adalah tahapan vital dimana kita memerlukan keterampilan yang dapat kita asah seiring berjalannya waktu. Angkat pegangan wajan ke atas dengan menggunakan satu tangan dan arahkan isi wajan menuju ke bawah. Secara perlahan, gunakan garpu plastik untuk melipat telur sedikit demi sedikit ke arah bawah. Sambut dengan melipat bagian bawah telur agar omelet dapat tertutup sepenuhnya. Setelah rapi, sajikan di atas piring dan permukaan yang mulus mengarah ke atas untuk presentasi terbaik.

Cukup menantang, bukan? Sekarang giliranmu untuk mencobanya di rumah. Pastikan juga untuk mencoba berbagai olahan telur lainnya dari Masak Apa Hari Ini seperti Opor Telur Kuning, Tahu Telur, ataupun Telur Dadar Padang. Begitupun untuk teknik-teknik kontemporer lainnya seperti tips dan trik membuat poached egg, scrambled eggshingga telur mata sapi yang tepat. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.