Jenis Masakan


6 Camilan Kekinian yang Bisa Jadi Teman Minum Kopi

Simpan ke bagian favorit

Dilla|April 30, 2019

Berbagai camilan kekinian yang kini populer sejatinya terinspirasi dari kuliner tradisional. Bagi kamu yang suka ngopi, mungkin pernah menemukan beberapa menu ini di kedai kopi favoritmu. Modifikasi menumenu tradisional memang sedang ramai dijadikan menu andalan di restoran gaya hidup dan kafe kekinian.

Kamu bisa menyajikan beberapa menu snack yang terinspirasi dari sajian tradisional populer ini sebagai pendamping kopi hangat atau es kopi susu kesukaanmu.

1. Cireng Keju Sambal Kecap, camilan kekinian yang populer

Siapa yang tak suka dengan tekstur kenyal dan rasa gurih dari cireng. Jajanan khas Bandung yang identik dengan tukang gorengan ini dimodifikasi dengan sentuhan keju dan sambal kecap a la Bango Kecap Manis. Sajikan cireng keju sambal kecap ketika hangat agar teksturnya tak lekas alot.

Cireng sambal kecap, sebuah camilan kekinian.
Menu gorengan klasik cireng kini menjadi inspirasi banyak camilan kekinian. (Foto: MAHI)

Simak resep lengkap Cireng Keju Sambal Kecap.

2. Cilok Bumbu Kacang

Bumbu kacang yang menyelimuti cilok sungguh tak elok untuk ditolak. Cilok sangat pas untuk mendampingi kamu menikmati segelas es kopi susu. Cara membuatnya gampang-gampang susah, tapi untuk kamu yang jadi fans nomor satunya pasti bakal penasaran untuk mencobanya di rumah.

Simak resep lengkap Cilok Bumbu Kacang.

3. Tahu Jeletot

Tahu jeletot adalah tahu isi yang ditambahkan cabai rawit ulek ke dalam bahan isiannya. Cocok sekali untuk kamu yang mencintai rasa pedas. Jika ingin membuat tahu jeletot dalam porsi banyak, kurangi porsi cabai sehingga bisa juga dinikmati temanmu yang tak sanggup dengan rasa terlalu pedas.

Simak resep lengkap Tahu Jeletot.

4. Ote-Ote Udang

Atau dikenal dengan sebutan bakwan udang. Terkesan sulit, padahal sebenarnya mudah sekali menghasilkan bentuk ote-ote udang yang bulat dan rapi. Panaskan sendok sayur terlebih dahulu dalam minyak panas, lalu sendokkan adonan dan lepaskan secara perlahan saat menggoreng. Ingin lebih kreatif? Kamu bisa mengganti udang dengan bahan lain seperti potongan cumi, crabstick (surimi), atau kerang.

Simak resep lengkap Ote-ote Udang.

5. Tempe Mendoan

Saking banyaknya yang menggemari tempe salut tepung yang digoreng tidak sampai garing ini, banyak restoran atau kafe menghadirkan menu ini sebagai camilan minum teh atau kopi. Tempe berlapisan tepung berbumbu yang tebal dengan cocolan kecap pedas ini memang bikin ketagihan meski sesudah menyantapnya tangan pasti takkan luput dari minyak. Nikmati tempe ini saat masih hangat agar semakin mantap.

Tempe mendoan bumbu kecap, salah satu camilan kekinian.
Goreng tempe setengah matang lalu angkat dan sajikan dengan sambal kecap. (Foto: MAHI)

Simak resep lengkap Tempe Mendoan.

6. Martabak Telur

Walau sudah banyak sekali variasi martabak, namun martabak gurih atau martabak telur tetap punya banyak penggemar. Resep martabak telur a la MAHI ini membuat kamu tak perlu berlama-lama di dapur demi membuat adonan kulit. Cukup gunakan kulit lumpia atau martabak siap pakai yang banyak tersedia di pasaran.

Simak resep lengkap Martabak Telur.


Nah, kini saatnya kamu mencoba sendiri memasak berbagai camilan di atas sebagai hidangan sedap bersama keluarga di sore hari. Yuk, masak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.