4 Masakan Daging Bebas Karbo untuk Penganut Diet Keto

Maddie|Juli 23, 2018

Diet ketogenik adalah diet tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Cara kerja diet ini adalah dengan membuat tubuh kekurangan glukosa sehingga harus mencari bahan bakar lain – yaitu lemak yang datang khususnya dari daging sapi misalnya. Berikut adalah 4 ide masakan daging bebas karbo untuk penganut diet keto.

1. Bakso Kuah Keto

masakan daging
Tambah satu sendok saus cabai, duh nikmatnya semakin berlipat-lipat! (Foto: Shutterstock)

Pasti semua setuju kalau bakso adalah makanan yang paling dekat di hati orang Indonesia. Nikmat disajikan hangat-hangat, bakso kuah keto ini bisa tahan hingga berbulan-bulan lamanya asalkan disimpan di dalam freezer.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: daging sapi, lemak sapi, putih telur, bawang putih, bawang merah, bawang putih goreng, garam, lada, Royco Kaldu Sapi, minyak kelapa, dan air untuk merebus.

Cara membuatnya:

  1. Haluskan daging dan lemak dengan food processor. Sisihkan gilingan daging ke dalam freezer hingga setengah beku. Kemudian haluskan bawang putih, bawang merah goreng, bawang putih goreng, Royco Kaldu Sapi , garam dan lada. Sisihkan.
  2. Masih di dalam food processor yang sama; masukkan daging giling setengah beku, putih telur, dan es batu. Haluskan sampai adonan lembut. Terakhir, masukkan minyak kelapa dan haluskan kembali selama 1 menit.
  3. Pindahkan adonan ke dalam wadah. Ambil seluruh adonan dan banting-banting adonan selama beberapa kali agar tercampur rata, kemudian tutup menggunakan cling wrap. Biarkan adonan berada di dalam kulkas semalaman.
  4. Keesokan harinya, bentuk daging menjadi bulat-bulat hingga adonan habis. Masak air dalam panci berukuran sedang hingga mendidih. Masukkan bakso dan masak hingga semua bakso mengapung. Sajikan dengan kuah, potongan tomat dan taburan daun bawang.

2. Lasagna Keto

masakan daging
Meski tanpa pasta, Lasagna Keto ini tetap mengenyangkan lho! (Foto: Shutterstock)

Lasagna adalah salah satu masakan dari Italia yang sangat populer dan cocok disebut sebagai comfort food karena kelezatannya. Pada umumnya, lasagna mengandung banyak karbohidrat karena menggunakan pasta. Untuk Lasagna Keto kali ini, kita mengganti pasta dengan irisan terong. Sama lezatnya namun dengan kandungan karbo yang jauh lebih sedikit.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: terong yang sudah diiris tipis-tipis, garam, minyak zaitun, daging sapi giling, keju ricotta, saus marinara, keju mozzarella, keju parmesan, dan Royco Kaldu Sapi.

Cara membuat masakan daging ini:

  1. Taruh irisan terung di permukaan rata seperti talenan atau wadah kaca, taburi dengan 2 sendok makan garam. Biarkan selama 20-30 menit untuk mengeluarkan air dari terong. Untuk mengeringkan terung, tekan perlahan seluruh permukaan menggunakan tissue atau kain bersih hingga terung terasa lebih kering. Sementara itu, panaskan oven dengan suhu sekitar 200C.
  2. Tuang minyak zaitun di atas terung, bolak-balik hingga kedua sisi tertutup rata. Taruh terung di atas yang sudah diminyaki dan panggang selama sekitar 10 menit. Sementara terung dipanggang, masak daging giling sekitar 10-12 menit.
  3. Dalam mangkuk; aduk bersama tumisan daging, Royco Kaldu Sapi, dan keju ricotta. Dalam mangkuk lain, campurkan keju mozzarella dan keju parmesan.
  4. Minyaki loyang lalu tuangkan setengah cangkir saus marinara ke dalam loyang. Susun irisan terung di atas saus, kemudian tuang beberapa sendok campuran keju ricotta dan sosis. Lalu tuang beberapa sendok campuran keju mozzarella dan parmesan. Ulangi hingga adonan habis.
  5. Tutup lasagna dengan aluminum foil dan panggang selama 30-40 menit. Ambil aluminum foil dan panggang lagi selama 10 menit hingga bagian atasnya berwarna coklat. Angkat dari oven dan dinginkan selama sekitar 20 menit sebelum disajikan.

3. Beef Stroganoff

masakan daging
Saus krim putih Beef Stroganoff ini lezat dan nikmat. (Foto: Shutterstock)

Untuk resep Beef Strogranoff ini, kamu bisa menggunakan panci presto agar daging bisa lunak dalam waktu yang lebih cepat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: minyak zaitun, bawang bombay, bawang putih, daun thyme kering, daging sapi sandung lamur, garam, Royco Kaldu Sapi, garam, merica, pasta tomat, jamur kancing, dan sour cream.

Cara membuat masakan daging ini:

  1. Panaskan minyak di dalam panci berukuran besar. Masukkan bawang, bawang putih dan thyme. Tumis sampai bawang berwarna transparan.
  2. Masukkan daging sapi, garam, dan merica. Tumis sampai kecoklatan. Masukkan pasta tomat dan masak selama 5 menit sambil aduk-aduk. Diamkan selama 5 menit. Tambahkan air matang yang sudah dicampur dengan Royco Kaldu Sapi dan didihkan selama 1 jam.
  3. Kemudian tambahkan jamur dan terus didihkan selama satu jam lagi. Matikan api dan masukkan sour cream. Bumbui dengan garam dan merica sesuai dengan selera.

4. Sop Buntut

masakan daging
Gunakan panci presto untuk hasil daging yang lebih lunak. (Foto: Shutterstock)

Sop buntut sangat populer di Indonesia. Dengan mudahnya kita bisa menemukan menu ini di berbagai restoran masakan Indonesia, dan bisa dipastikan merupakan hidangan paling mewah di antara banyak hidangan yang tersedia.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: buntut sapi, air, bawang putih, pala, kayu manis, bawang goreng, Royco Kaldu Sapi, garam, daun bawang, dan seledri.

Cara membuat masakan daging ini:

  1. Bersihkan buntut sapi lalu masukkan air jeruk nipis.
  2. Didihkan air di dalam panci besar, lalu masukkan daging buntut. Masak hingga air rebusan berwarna kehitaman. Matikan api, buang airnya. Didihkan air bersih di panci yang sama dan kembali rebus daging buntut hingga empuk.
  3. Jika sudah empuk; masukkan bawang putih, pala, kayu manis dan Royco Kaldu Sapi. Aduk-aduk dan masak hingga wangi. Masukkan bawang merah goreng yang sudah dihaluskan, lalu bumbui sop buntut dengan garam. Terakhir, masukkan potongan daun bawang dan seledri. Aduk sebentar, matikan api dan sajikan.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.