4 Inspirasi Masak Cumi Gaya Tradisional

Tim MAHI|Juni 14, 2018

Ingin menikmati masakan cumi yang lezat? Bagaimana kalau kita merujuk ke berbagai resep tradisional yang selalu dipakai banyak orang Indonesia untuk memasak. Berikut Tim MAHI pilihkan 4 inspirasi masak cumi gaya tradisional yang bisa kamu masak sendiri di rumah.

1. Cumi Bakar Cocol Sambal

masak cumi
Jika ingin menyantap cumi tanpa dipotong, berikan keratan pada seluruh badan cumi agar tampilannya lebih menggugah selera. (Foto: Shutterstock)

Tidak sulit untuk melakukan reka ulang tampilan dan cita rasa cumi bakar a la restoran. Agar cumi mekar dan keriting saat dipanggang, kamu harus membuat beberapa keratan di sepanjang badan cumi. Selain itu, untuk rasa lebih lezat, rendam dulu bersama campuran bumbu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: cumi, air jeruk nipis, garam, cabai merah, cabai rawit, belimbing wuluh, bawang merah, Royco Kaldu Ayam, dan tomat.

Cara membuatnya:

  1. Cuci cumi hingga bersih lalu lumuri dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit kemudian bakar hingga matang. Istirahatkan sebentar, baru potong-potong sesuai selera.
  2. Buat sambal. Masukkan seluruh bumbu sambal (cabai merah, cabai rawit, belimbing wuluh, bawang merah, tomat, dan Royco Kaldu Ayam) ke dalam ulekan dan haluskan.
  3. Sajikan cumi-cumi bakar bersama sambal cocol.

2. Cumi Bakar Hitam

masak cumi
Sebelum memasak, pastikan kamu memilih cumi segar dengan warna kulit yang masih putih, serta terdapat bercak cokelat kemerahan. (Foto: Shutterstock)

Dari sekian banyak olahan, ada satu jenis masakan cumi yang sangat digemari meski tampilannya yang unik karena warna hitam dari tintanya. Tapi soal rasa, cumi yang dimasak bersama tintanya tidak kalah lezatnya dengan apapun.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: cumi, air jeruk nipis, garam, bawang putih, Kecap Manis Bango, dan mentega.

Cara masak cumi yang satu ini adalah:

  1. Bersihkan cumi, ambil kantung tintanya, lalu lumuri dengan air jeruk dan garam. Biarkan selama 30 menit di dalam lemari es.
  2. Pecahkan kantung tinta cumi dan tampung tinta ke dalam mangkuk. Campur bersama bawang putih, Kecap Manis Bangodan mentega.
  3. Keluarkan cumi dari lemari es. Siram dalam campuran tinta dan diamkan kembali selama 30 menit di dalam lemari es.
  4. Bakar cumi hingga matang sambil diolesi bumbu tinta dan mentega. Sajikan.

3. Cumi Bumbu Rica

masak cumi
Doyan bumbu yang lebih pedas? Tambahkan cabai rawit sesuai selera kamu. (Foto: Shutterstock)

Popularitas bumbu rica kini telah jauh melampaui daerah asalnya yaitu Sulawesi Utara. Cita rasa bumbu yang satu ini tidak pedas namun juga gurih. Bumbu rica juga sangat cocok diolah bersama masakan laut, dan tentu salah satunya adalah cumi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: cumi, air jeruk nipis, daun salam, daun jeruk, daun kemangi, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan Royco Kaldu Ayam.

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih cumi dan buang tintanya. Rendam cumi dengan air jeruk nipis dan garam selama 15 menit. Letakkan di dalam lemari es.
  2. Buat sambal rica. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Panaskan wajan bersama sedikit minyak dan tumis bumbu halus. Masukkan jahe yang dimemarkan, daun salam dan daun jeruk. Masak hingga harus sambil aduk-aduk.
  3. Ketiga, masukkan cumi dan Royco Kaldu Ayam. Masak selama 5 menit. Terakhir, masukkan daun kemangi dan masak hingga daun layu. Angkat dan sajikan.

4. Cumi Bumbu Kuning

masak cumi
Kamu juga bisa menambahkan sayur sawi agar lebih komplit. (Foto: Shutterstock)

Paduan bumbu yang tepat dapat membuat sajian yang kamu masak lebih istimewa dan menggugah selera. Kali ini ada resep Cumi Bumbu Kuning yang didominasi oleh bawang dan kunyit. Rasanya yang khas dan gurih akan membuat masakan ini menjadi bintang di meja makan kamu bersama keluarga!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: cumi, serai, daun salam, laos dan bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, daun jeruk, Royco Kaldu Ayam).

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih cumi dan buang tintanya. Rendam cumi dengan air jeruk nipis dan garam selama 15 menit. Letakkan di dalam lemari es.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan daun salam dan serai. Aduk-aduk hingga rata, kemudian masukkan cumi. Bumbui dengan kaldu ayam bubuk dan merica. Masak hingga matang lalu sajikan.

Bagaimana dengan inspirasi masak cumi hari ini? Tentu akan membuat kita semangat mengolah seafood jenis yang satu ini. Selamat memasak!