Resep Tumis Kangkung Spesial dengan Udang

Bersantap malam dengan berbagai macam seafood tentu harus didampingi satu menu sayur wajib. Berikut adalah resep tumis kangkung spesial sebagai penyempurnanya.

20mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|Mei 17, 2018

Setiap kali aku bersantap seafood di kedai pinggir jalan favorit ataupun di sebuah restoran, pasti kurang rasanya tanpa kehadiran tumis kangkung. Kadang polos ataupun menggunakan belacan, tumis kangkung benar-benar pendamping yang cocok banget. Ingin tahu cara membuatnya? Berikut adalah resep tumis kangkung spesial untuk kamu di rumah.

Apa saja sih yang biasa kamu pesan saat bersantap seafood? Ikan bakar saus kecap, udang saus mentega, ataupun cumi goreng tepung. Selain itu biasanya ada kerang dara rebus bukan? Kalau sedang merayakan yang spesial malah ada kepiting juga di sana. Seafood yang dimasak dengan berbagai cara selalu mengundang selera dan pastinya sedap. Hanya saja biasanya kita lupa melengkapinya dengan satu hal.

Ya, di sudut menu sebuah restoran seafood biasanya terdapat beberapa menu sayuran. Tidak banyak, tapi mereka-mereka inilah yang biasanya cocok dengan hidangan-hidangannya. Menu tumis-tumisan umumnya yang paling laris dipilih. Ada yang menyukai tauge saus tiram, bok choy, cai sim, hingga tentunya kangkung. Nah yang terakhir inilah yang paling populer.

Intinya tumis kangkung polos ataupun dengan belacan pasti menggugah selera siapapun. Meskipun isi piring sudah ada bermacam-macam seperti ikan, cumi, ataupun udang – pasti terselip di antaranya tumis kangkung. Kali ini aku ingin berbagi satu resep yang sehat dan juga cepat memasaknya. Siapa bilang makanan sehat itu harus melulu lama dibuatnya atau mentah sama sekali? Cukup dengan memanaskan wajan dan sedikit minyak saja, lalu sisanya kecap manis dan air kembali jadi pahlawan untuk tumis kangkung spesial ini.

Resep ini hanya membutuhkan kamu berbelanja kangkung dan udang berukuran kecil saja. Selebihnya menu ini hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah kamu temukan di rumah. Seperti misalnya Kecap Manis Bango, bawang putih, bawang merah, minyak sayur, serta garam. Kalau ingin pedas sedikit bisa saja kamu tambahkan dalam resep ini berupa potongan cabai merah atau bahkan cabai rawit. Opsional, bisa juga ditambahkan terasi agar ada tambahan aroma dan kelezatan yang berbeda dari biasanya. Kalau butuh resep-resep lainnya juga sudah aku siapkan semua ya. Selamat memasak!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis
Lihat produk
  • 1 siung Bawang Putih
  • 2 butir Bawang Merah
  • ½ kg Udang (ukuran kecil)
  • 5 ikat Jangkung
  • 3 sdm Minyak Sayur
  • Air
  • Garam

Cara membuat

1

Panaskan wajan dan minyak. Tumis bawang merah dan putih sampai warnanya kecoklatan.

2

Masukkan udang dan tumis hingga matang.

3

Masukkan kangkung, lalu tambahkan garam, Kecap Manis Bango, dan air secukupnya.

4

Tutup penggorengan selama kurang lebih 5 menit atau sampai kangkung menjadi layu.

5

Tumis kangkung spesial siap dihidangkan!

Mudah bukan cara membuatnya? Selain mengenyangkan, resep tumis kangkung ini melengkapi sisi sehat dari makan-makan seafood kali ini. Jadi deh makan malam serunya!


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/details/675/sayur-asam/