Camilan Khas Sunda, Resep Ulen Goreng Sambal Oncom

Ulen goreng, camilan dari ketan khas Sunda yang disajikan dengan sambal oncom pedas. Terasa gurih, berikut cara praktis membuatnya di rumah.
Camilan Khas Sunda, Resep Ulen Goreng Sambal Oncom
Wina |

Ulen ketan adalah makanan tradisional yang berasal dari tatar Sunda. Terbuat dari beras ketan, santan, dan kelapa parut yang dikukus. Kudapan ini identik sebagai sajian khas Idul Fitri. Biasa disajikan dengan cocolan sambal oncom pedas.

Tidak perlu menanti Hari Raya, kita bisa membuat ulen ketan sendiri di rumah. Meski tidak banyak bahan dasar yang digunakan, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan dan proses pembuatannya. Pertama, beras ketan harus dalam kondisi baik. Jika ragu, rendam beras ketan sekitar 2 jam dalam air suhu ruangan sebelum mengolahnya. Kedua, tumbuk beras ketan dengan saat dalam kondisi hangat setelah dikukus agar cepat halus. Ketiga, setelah matang dan halus, ulen bisa disimpan di kulkas sebagai stok camilan.

Nah, sesuai dengan tradisi di bumi Parahyangan, kita akan menggoreng ulen untuk meningkatkan rasa. Kemudian disajikan dengan sambal oncom. Ada rasa gurih bertemu dengan pedas manis. Sudah tidak sabar menikmatinya? Langsung kita siapkan bahan-bahannya, yuk! Setelah mempraktikkannya, kamu bisa coba camilan lain yang tidak kalah nikmat seperti resep combro isi oncom kemangi dan resep bakwan oncom.

Bahan

6
 
Porsi

Sambal oncom

  • 10 buah cabai rawit merah
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cm kencur
  • 150 g oncom, haluskan
  • 1 sdt gula pasir
  • 70 ml air
  • 1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat

1

Kukus beras ketan dalam dandang panas hingga setengah matang selama 30 menit. Angkat. Sisihkan.

2

Masak air dan santan sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan beras ketan ke dalamnya. Masak di atas api sedang. Masukkan garam, Royco Kaldu Jamur.

3

Masak hingga airnya terserap habis. Angkat. Aduk rata bersama kelapa parut.

4

Kukus kembali ketan dalam dandang panas hingga matang. Angkat.

5

Tumbuk ketan hingga halus. Masukkan ke dalam loyang atau wadah datar yang sudah diolesi minyak. Padatkan hingga setebal 2 cm. Biarkan hingga tidak panas. Sisihkan.

6

Sambal oncom: Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan kencur. Sisihkan. Panaskan 3 sdm minyak, tumis campuran cabai dan bawang hingga harum. Masukkan oncom, aduk. Tambahkan Royco Kaldu Jamur dan gula pasir. Masak sebentar. Tuang air, masak hingga matang. Masukkan daun bawang, aduk hingga layu. Angkat. Sisihkan.

7

Potong-potong ketan membentuk persegi 6×8 cm atau sesuai selera. Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan. Angkat.

8

Sajikan ulen goreng dengan sambal oncom dan Bango Kecap Manis Pedas.

Ulen goreng, camilan dari ketan khas Sunda yang disajikan dengan sambal oncom pedas. Terasa gurih, berikut cara praktis membuatnya di rumah.

Bahan

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur

Bango Kecap Manis Pedas
Bango Kecap Manis Pedas

Coba resep lainnya

Exit mobile version