Resep Tumis Tempe Kecap Pedas Manis

Bicara soal resep sederhana ternyata memang menggunakan bahan yang mudah dicari dan masaknya juga cepat. Berikut adalah resep tumis tempe kecap pedas manis untuk kamu coba di rumah.

30mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|Mei 19, 2018

Selalu ada hal baru yang bisa kita coba hanya dari satu bahan yang Indonesia banget ini. Ya, itulah tempe! Selain cocok diaplikasikan pada masakan-masakan lain, tempe juga bisa tampil sendiri dan memenuhi kebutuhan makan kita. Berikut adalah resep tumis tempe kecap pedas manis yang simpel sekaligus sedap rasanya.

Begitu banyak kreasi yang kita bisa lakukan hanya dengan mengolah salah satu bahan makanan tersehat di dunia ini. Tempe kadang dibubuhkan begitu saja dalam satu varian dari tumis kangkungAtau misalnya untuk versi yang sedikit kurang sehatnya, memang lezat menikmati tempe mendoan di pagi hari sambil ditemani sambal kecap.

Ada juga tentunya tempe yang dibacem. Untuk yang satu ini biasanya kurang lengkap kalau tidak ditemani dengan makanan-makanan lain yang juga dibacem. Seperti misalnya tahu, telur, hingga ayam. Keistimewaan tempe selain memang memiliki nutrisi tinggi dan rasa yang khas, bahan ini juga bisa dimasak dengan cara apapun – dari yang paling mudah hingga yang paling kompleks sekalipun. Tempe juga cocok dipadankan dengan bumbu yang berbeda-beda hingga saus yang bermacam-macam. Sulit menemukan tandingan bahan seperti ini di kuliner negara manapun.

Hari ini aku ingin berbagi satu versi yang paling simpel dari olahan tempe yang kamu bisa buat sendiri di rumah. Cukup membeli satu papan tempe dan potong-potong ukuran dadu. Selebihnya cara memasaknya sangat singkat dan siap disajikan sesaat sebelum berbuka puasa hari ini. Pertama-tama adalah menumis bawang bersama cabai dan bahan lainnya hingga mewangi. Setelah itu, tempe yang telah dimasak setengah matang tinggal dimasukkan bersama bumbu penyedap serta tentunya Kecap Bango Manis Pedas Gurih.

Kecap yang satu ini tidak hanya memberikan rasa manis seperti biasanya. Ada tambahan rasa gurih yang cocok berpadu dengan tempe. Selain itu rasa pedasnya yang kalem memberikan sensasi nagih dengan sendirinya. Dengan adanya bumbu dasar cabai, tentu ada rasa pedas tambahan yang akan membuat buka puasamu lebih berkesan lagi. Sudah siap memasak hari ini? Selamat mencoba resep tumis tempe kecap pedas manis ini ya teman-teman.

 

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis
Lihat produk
  • 250 gram tempe, potong dadu 2 cm dan goreng ½ matang
  • 6 butir bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 buah cabai merah, potong serong
  • 2 buah cabai hijau, potong serong
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • ½ merica putih bubuk
  • 100 ml air
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak di atas wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah, cabai hijau, lengkuas, dan daun salam. Tumis hingga tidak ada aroma langu.

2

Masukkan tempe yang telah digoreng, aduk rata. Tambahkan garam, merica, dan Kecap Bango Manis Pedas Gurih. Aduk hingga merata.

3

Tuangkan air dan masak hingga bumbu meresap. Angkat.

4

Sajikan hangat ditemani nasi putih.

Selain tumis tempe ini, kamu bisa juga menyiapkan lauk pauk lainnya agar saling melengkapi. Semakin meriah tentu semakin menyenangkan!


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/detail/1713/tumis-tempe-kecap-manis