Jenis Masakan


Resep Tumis Tempe Kecap, Masakan Favorit Keluarga di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Siapkan tumis tempe kecap manis sebagai lauk pendamping. Bisa juga dijadikan stok lauk yang tetap enak disimpan dalam kulkas. Yuk, kita masak!

40mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Juni 6, 2018

Hidangan tumis tempe di dapur Indonesia adalah salah satu masakan yang digemari dan hampir selalu disajikan di dapur rumahan setiap harinya. Baik sebagai lauk pendamping atau sebagai camilan teman ngeteh dan ngopi.

Biasanya tempe dimasak sebagai masakan tumis, orek, bacem, atau opor. Sebelum membeli tempe, jangan lupa untuk selalu memerhatikan bagian permukaan tempe. Tempe yang baik di bagian permukaannya tak akan ada bahan lain tercampur, seperti jagung dan serabut jagung, atau bahkan kerikil hitam.

Resep selain tumis tempe

Bosan dengan resep tempe yang itu-itu saja? Kamu juga bisa mencoba beberapa resep tempe di bawah ini sebagai gaya lain menikmati tempe.

1. Keripik tempe cabe hijau 

Ini pas banget buat kamu yang ingin membuat camilan yang juga bisa dijadikan sebagai pelengkap makan, yakni keripik. Cita rasa Royco Nasi Goreng Cabe Hijau berhasil membuat tempe garing ini jadi lebih kaya rasa.

2. Tempe fries

Yang ini adalah alternatif yang lebih sehat buat kamu yang suka camilan gorengan restoran cepat saji seperti kentang goreng, onion ring, dan nugget. Sajikan gorengan lokal yang ‘naik kelas’ ini dengan cocolan mayones atau Saus Sambal Jawara.

3. Sandwich tempe

Kalau kamu sedang diet karbohidrat, sandwich tempe ini bisa menginspirasi kamu di dapur. Dua lembar roti digantikan dengan dua irisan tempe. Tak kalah sedap, sandwich tempe ini juga pas banget buat jadi bekal.

Ingin inspirasi lauk yang cocok untuk semua anggota keluarga? Sajikan tumis tempe kecap manis  ini sebagai menu praktis harian yang pas disajikan dengan banyak variasi lauk utama.

Bahan-bahan

Bahan

  • 250 g tempe, potong 3 cm dan goreng setengah matang
  • 15 g bawang putih, iris tipis
  • 25 g bawang merah, iris tipis
  • 25 g cabai merah, potong
  • 2 akar lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 200 ml air
  • 4 sdm minyak

Cara membuat

1

Panaskan minyak, goreng tempe hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

2

Masak hingga bumbu meresap ke dalam tempe dan air agak surut.

3

Sajikan hangat-hangat.

Yuk, kita masak tumis tempe hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.