Resep Tumis Sawi Hijau Campur Ayam Praktis Lezat - MAHI

Resep Tumis Sawi Hijau dengan Ayam, Menu Rumahan yang Praktis

Simpan ke bagian favorit

Tumis sawi hijau, tambahkan potongan ayam dan menu ini dijamin membuatmu tidak berhenti mengunyah. Coba masak dengan resep ini, yuk!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|November 18, 2019

Salah satu resep mudah, sehat, dan nikmat untuk dicoba adalah tumis sawi hijau dengan ayam. Cukup populer di Indonesia, menu ini mudah untuk dimasak. Tidak banyak bahan yang digunakan, kamu pun tidak perlu waktu lama untuk memasaknya.

Kandungan Tumis Sawi Hijau Ayam

Terdiri hanya dari dua bahan utama, sawi hijau dan ayam, menu ini bernutrisi tinggi. Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 1000 gram sawi hijau terdapat 90,7 gram air, 3,2 gram mineral, 2,86 gram protein, dan 0,25 zat besi. Sawi hijau mengandung vitamin B-6, vitamin A, dan beta karoten.

Agar lebih sehat, kamu bisa memilih dada ayam tanpa kulit. Dalam 100 gram dada ayam, terdapat 14,7 gram protein, 263 kcal energy, dan 15,75 gram lemak. Jumlah lemaknya lebih sedikit dibandingkan pada paha ayam, yakni 26,24 gram.

Tips Mengolah Sawi

Sawi punya sifat yang mirip dengan tahu. Ia punya rasa yang tawar sehingga mudah menyatu jika dimasak dengan apapun. Namun, ada kalanya sawi terasa pahit. Nah, kamu bisa mencegahnya dengan beberapa cara.

Pertama, potong bagian batangnya. Gunakan bagian daunnya saja. Batang sawi hijau bisa menjadi sumber pahit ketika dimasak. Kedua, gunakan pisau yang terbuat dari stainless steel saat mengiris sawi hijau. Reaksi kimia dari pisau yang terbuat dari baja bisa memberikan rasa pahit pada sawi.

Tak lupa, pilih sawi yang daunnya masih segar. Kesegaran sayuran sangat berpengaruh pada hasil masakan. Pastikan juga kamu mencucinya dengan sempurna, agar tak ada bakteri yang tertinggal.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengikuti resep mudah yang ada di bagian bawah artikel ini ya! Tumis sawi hijau, bawang bombay, bawang putih, bawang merah, dan tomat. Bumbu yang meresap akan menghadirkan tumisan yang aromatik. Satu kunci dalam memasak resep ini adalah menggunakan api sedang agar matang menyeluruh dan bumbu meresap sempurna.

Jika ingin mencoba menu lain menggunakan sawi, berikut rekomendasi resep untukmu.

Rekomendasi Resep Mudah Menggunakan Sawi

1. Tumis Sawi Udang

Sawi juga cocok diolah dengan seafood, salah satunya udang. Kamu bisa mencoba resep mudah tumis sawi udang ini. Tahapan memasaknya tak jauh berbeda dengan tumis sawi ayam ini, hanya pengolahan proteinnya yang berbeda. Yuk, kita coba!

2. Cap Cay Goreng

Padukan sawi dengan ragam sayuran lainnya. Resep cap cay goreng satu ini juga menggunakan sawi hijau. Untuk anggota keluarga yang tidak suka makan sayur, sajian ini bisa jadi andalan karena rasanya begitu kental dan lezat. Cara membuatnya pun tidak sulit.

3. Semur Sayur Campur

Sawi juga bisa diolah dengan bumbu semur. Resep semur sayur campur ini buktinya. Gabungan brokoli, wortel, kembang kol, serta ati ampela, pada hidangan ini jadi sajian lezat dan unik. Jangan lupa untuk tambahkan Royco Kaldu Ayam, agar makin enak.

Sudah tak sabar ingin mencoba resep mudah ini? Yuk, kita langsung ke dapur!

 

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g fillet dada ayam, potong dadu
  • 200 g sawi hijau, potong 4 cm
  • ½ buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 2 butir bawang merah, iris halus
  • 1 buah tomat, buang biji, potong dadu kecil
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 100 ml kaldu ayam
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak dalam wajan. Masukkan dan tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay hingga harum.

2

Masukkan ayam, air kaldu, Bango Kecap Pedas Manis, garam, dan merica, aduk rata.

3

Masukkan sawi hijau ke dalam wajan, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap sempurna.

4

Angkat tumis sawi hijau dan sajikan dengan irisan tomat di atasnya. Sajikan selagi hangat!

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Bango.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.