Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan - MAHI
Tongseng ayam tanpa santan

Resep Tongseng Ayam Tanpa Santan, Soal Rasa Tak Kalah Sedapnya

Tongseng ayam tanpa santan. Inilah satu alternatif sehat daripada tongseng pada umumnya. Cari tahu di sini yuk cara membuatnya untuk hari ini!
Tongseng ayam tanpa santan
Tim MAHI | Sep 30, 2018

Tongseng, tipikal comfort food dengan rasa yang meresap dan kaya akan bumbu. Kali ini kita akan mencoba versi sehatnya – tongseng ayam tanpa santan milik Isna Sutanto, sahabat MAHI yang jago masak dan juga jago foto. Tampilannya saja sudah begitu mengundang selera!

Versi sehat sebuah masakan biasanya bisa dicapai dengan mengganti beberapa elemen di dalamnya. Misalnya mengganti daging merah menjadi daging putih – atau misalnya daging ayam pada masakan ini. Selain itu, santan juga bisa diganti misalnya dengan susu rendah lemak. Secara rasa sebetulnya bisa diciptakan agar tetap sebelas dua belas dengan aslinya. Tentu itu dikarenakan kekayaan bumbu dan kelezatan yang datang dari Royco Kaldu Ayamserta Bango Kecap Manis. Lengkap sudah deh makan-makan bersama keluarga untuk hari ini!

Kembali MAHI akan menampilkan berbagai macam resep menarik dari teman-teman influencers yang begitu berbakat dalam memasak. Pastikan untuk selalu mampir di situs MAHI untuk resep istimewa lainnya setiap dua hari dari sahabat-sahabat yang jago memasak ini.

Sementara itu, selamat memasak dan selamat bersenang-senang di dapur!

Bahan

4
Porsi

Bahan

500
g daging ayam potong
250
g kol, iris
10
buah cabai rawit
1
buah tomat, potong
2
batang bawang daun, potong
2
lembar daun jeruk
2
lembar daun salam
3
cm lengkuas, memarkan
1
batang serai, memarkan
1
L air
garam
gula pasir
minyak sayur
6
butir bawang merah
4
siung bawang putih
3
butir kemiri, sangrai
1
sdt ketumbar, sangrai
½
sdt merica
3
cm kunyit
1
cm jahe

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna.

 

2

Tambahkan air, masak hingga ayam empuk. Masukkan cabai rawit, Royco Kaldu Ayam, Bango Kecap Manis, garam, dan gula pasir secukupnya. Masak lagi hingga ayam matang dan bumbu meresap.

3

Tambahkan kol, tomat dan daun bawang. Aduk sebentar, angkat. Sajikan.

Sudah siapkan semua hidangan di meja makan? Kalau sudah, ayo segera santap bersama keluarga tercinta!


Resep ini pernah dimuat di: www.instagram.com/p/BlFeR9snO-d/?taken-by=isnasutanto