Resep Terong Mekar Crispy untuk Ide Takjil - MAHI

Resep Terong Mekar Crispy, Menu Viral untuk Ide Takjil

Simpan ke bagian favorit

Pernah melihat menu viral yang bikin penasaran seperti ini? Nah, kamu wajib mencoba resep terong mekar crispy ini sebagai camilan atau menu takjil!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|April 24, 2022

Satu lagi menu viral yang wajib kamu coba. Resep terong mekar crispy ini bakal jadi alternatif camilan ataupun menu takjil yang seru untuk dinikmati bersama keluarga. Renyah dan bikin nagih, coba hari ini, yuk!

Variasi Olahan Terong

Selain bentuk dan warnanya, terong memiliki beberapa keunikan dibandingkan dengan sayuran lainnya. Dagingnya terasa berisi apabila diolah secara singkat, namun bila dimasak lama akan menjadi lembut. Teksturnya yang khas ini menjadikannya bisa diolah menjadi apa saja. Maka tak heran bila sayuran berwarna ungu ini bisa diolah menjadi menu gorengan. Dari tempura hingga menu kekinian ini yaitu terong mekar crispy.

Nah, bicara soal mengolah terong untuk resep viral yang satu ini, ada dua hal yang perlu kamu lakukan sebelum menggorengnya. Pertama, kamu bisa mengupas kulitnya, kemudian memotong terong ungu hingga menjadi beberapa bagian. Belah setiap bagian ini hingga ke bagian bawah tidak putus pada ukuran 0,5 cm dengan arah vertikal. Selanjutnya, rendam terong dalam air es agar getahnya menghilang. Setelah ini, kamu siap untuk mengolahnya!

Tips Agar Terong Mekar Crispy Lebih Lama

Pertama, siapkan adonan tepung dari terigu, maizena, merica, dan Royco Kaldu Ayam Spesial. Siapkan sekitar 100 ml air es dan padukan dengan 4 sdm dari adonan tepung tadi. Sementara itu, keluarkan terong dari air es dan sisihkan sejenak agar kandungan airnya berkurang. Penggunaan air es dan menyusutkan kandungan air pada terong akan membantu hasil penggorengan nanti menjadi renyah.

Setelah sudah siap semua, mulai lumuri tepung dengan adonan kering, lalu lanjutkan dengan adonan basah. Gunakan minyak panas dan goreng hingga matang dan kecokelatan. Tiriskan dan sajikan bersama cocolan berupa Jawara Saus Sambal Hot. Wah, lengkap sudah menu camilan atau takjil yang penuh selera!

Suka dengan resepnya? Pastikan juga untuk follow dan like akun Instagram Masak Apa Hari Ini, ya! Kalau kamu punya pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar. Bisa jadi pilihan kamu akan tayang video resepnya!

Bahan-bahan

saus sambal jawara hot
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Hot
Beli online
royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • 2 buah terong ukuran besar, potong 3 bagian
  • air es, untuk merendam terong
  • 100 ml air es
  • minyak, untuk menggoreng

Adonan tepung bumbu

Cara membuat

1

Potong terong menjadi 3 bagian. Ambil 1 potong terong, belah hingga ke bagian bawah tidak putus ukuran 0,5 cm dengan arah vertikal. Belah tidak putus kembali dari arah sebaliknya hingga membentuk kotak kecil. Rendam dalam air es. Sisihkan.

2

Adonan tepung bumbu: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam Spesial.

3

Ambil 4 sdm adonan tepung bumbu, aduk rata bersama 100 ml air es.

4

Keluarkan terong dari air es dan tiriskan hingga kandungan airnya berkurang.

5

Lumuri dengan adonan tepung bumbu, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung basah.

6

Panaskan minyak, goreng terong hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

7

Sajikan dengan Jawara Saus Sambal Hot.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.