Resep Sate Cumi Bakar Bumbu Pedas - MAHI

Resep Sate Cumi Bakar Pedas, Tak Kalah Enak dengan Restoran Seafood

Simpan ke bagian favorit

Sate cumi bakar pedas yang satu ini bakal bikin kamu serasa makan di restoran. Penasaran dengan cara membuatnya? Simak saja berikut ini!

1jam 15mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|September 2, 2021

Sedang kehabisan ide memasak cumi? Mungkin kamu bosan dengan olahan cumi yang itu-itu saja seperti cumi saus asam manis, cumi goreng tepung, cumi balado, atau cumi masak saus padang. Kali ini tak ada salahnya menghadirkan sensasi makan di restoran seafood tepi pantai dengan mencoba resep Sate Cumi Bakar Bumbu Pedas.

Unik, resep cumi bakar dengan bumbu pedas ini dimarinasi dengan pedas gurih Jawara Saus Sambal Extra Hot kemudian disajikan dengan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng. Dengan sensasi bawang goreng di dalam kedua olahan cabai ini, tentu sate cumi jadi lebih unik dan mantap.

Buat kamu yang belum pede memasak cumi, simak tips memilih dan mengolah cumi di bawah ini, ya!

Tips membuat sate cumi bakar sedap

Selain untuk memasak cumi bakar, beberapa tips mengolah cumi ini bisa kamu terapkan untuk berbagai jenis olahan cumi kesukaan.

  1. Pilih cumi segar yang ditandai dengan dagingnya kenyal dan tidak lembek saat ditekan.
  2. Cumi segar memiliki aroma air laut yang segar dan tidak berbau amis. Jika kamu membeli cumi segar dalam keadaan dingin di supermarket, selalu minta es batu untuk mencegah cumi berbau selama perjalanan pulang.
  3. Saat membersihkan cumi lepas bagian kepala atau tentakel dari badan cumi, buang tinta hitamnya, lalu cuci bersih. Untuk membuat sate cumi terlihat lebih menarik, pasangkan kembali dengan bantuan tusuk gigi atau tusuk sate.
  4. Jika tak menemukan cumi segar, kamu bisa menggunakan cumi beku kupas.
  5. Hindari memasak cumi terlalu lama karena akan membuat tekstur dagingnya alot atau keras.

Sate Cumi Bakar Bumbu Pedas ini sangat cocok sebagai inspirasi buat kamu yang ingin menghadirkan dinner a la restoran seafood di rumah. Yuk, siapkan bahan-bahannya! Jangan lupa untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini!

Bahan-bahan

  • 500 g cumi segar
  • minyak, untuk mengoles
  • tusuk sate

Bumbu perendam

Cara membuat

1

Siangi cumi, buang tintanya. Kerat bagian atas badan cumi menjadi 4 bagian.

2

Lumuri cumi dengan semua bahan bumbu perendam termasuk Jawara Saus Sambal Extra Hot. Sematkan bagian kepala dan badan cumi dengan tusuk satai. Diamkan dalam kulkas selama 30 menit.

3

Panaskan grill pan, olesi dengan minyak. Panggang cumi hingga matang di kedua sisinya. Angkat. Sajikan dengan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng. 

 

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.