Resep Sambal Cumi Kecap

Resep Sambal Cumi Kecap, Lauk Enak dan Praktis Saat Kamu Sedang Sibuk

Simpan ke bagian favorit

Resep Sambal Cumi Kecap yang praktis dan nggak repot ini sangat cocok buat kamu yang sibuk atau malas berlama-lama di dapur. Coba, yuk!

40mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Januari 27, 2021

Kamu sedang mencari inspirasi masakan cumi yang berbeda tetapi nggak merepotkan? Yuk, coba resep Sambal Cumi Kecap yang sedap ini! Sambal cumi ini bukanlah sambal dengan cumi asin yang biasa kamu santap. Terbuat dari cumi segar yang dibumbui pedas dengan cabai rawit dan Bango Kecap Manis

Salah satu kunci kelezatan masakan cumi tentunya diawali dengan pemilihan cumi yang segar. Simak beberapa tips memilih dan mengolah cumi supaya kamu tak ragu untuk mengolah seafood enak ini.

  1. Cumi segar memiliki aroma air laut  dan tidak berbau amis atau anyir.
  2. Saat ditekan, cumi segar terasa kenyal dan kokoh. Selain itu cumi segar biasanya terlapisi selaput lendir bening. Hindari membeli cumi jika terasa lembek dan terlihat layu.
  3. Seafood segar ini akan lebih sedap jika dimasak hingga matang saja, artinya hindari memasaknya terlalu lama. Kamu akan kehilangan cita rasa manis dan teksturnya yang juicy dan kenyal. Jika terlalu lama memasaknya, maka cumi akan terasa alot.
  4. Jika ingin menambahkan bahan lain seperti daun kemangi, daun bawang, atau bahan aromatik yang mudah layu dan cepat matang, sebaiknya masukkan di saat cumi hampir matang. Sebaliknya, untuk sayuran yang bertekstur keras seperti kembang kol, brokoli, dan wortel, sebaiknya dimasukkan setelah cumi atau berbarengan supaya matang bersamaan dengan cumi.

Sajikan resep Sambal Cumi Kecap ini disaat kamu sedang tak punya banyak waktu untuk memasak di dapur. Sebagai menu sayurannya, kamu bisa memilih hidangan praktis seperti Tumis Kangkung Taoco, Tumis Cuciwis, atau Sup Bakso Tahu Ikan.

Bahan-bahan

  • 500 g cumi, buang tintanya
  • 15 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula merah
  • 1.5 sdm asam jawa, larutkan dengan 50 ml air panas
  • 2 batang daun bawang, potong 2 cm
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 12 butir bawang merah
  • 10 buah cabai merah
  • 6 siung bawang putih

Cara membuat

Cumi yang telah dibersihkan untuk dimasak sambal cumi.
1

Bersihkan cumi, buang tintanya. Sematkan kembali kepala cumi dengan badannya menggunakan tusuk gigi. Sisihkan.

Memasak bumbu sambal cumi.
2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan cumi, cabai rawit merah, garam, gula merah, dan asam jawa, aduk hingga kaku.

Menuangkan kecap ke dalam bumbu tumisan sambal cumi.
3

Masukkan Bango Kecap Manis, Royco Kaldu Jamur, dan daun bawang. Masak hingga cumi matang.

Sambal cumi siap dinikmati.
4

Angkat. Sajikan.

Selamat makan!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.