Resep Risol Mayo Isi Keju yang Lumer dan Mudah Dibuat

Risol isi lembaran keju lumer dan smoked beef mantap sebagai teman minum teh. Yuk, coba olah resep risol mayo enak yang bakalan bikin nagih!
Valentina Limbong |

Ingin belajar bikin resep risol mayo simple sendiri di rumah? Camilan yang biasanya diisi dengan potongan smoked beef dan keju cheddar lembaran memang sulit untuk ditolak. Mantap sekali disajikan bersama minuman hangat atau dingin, kamu yang biasanya membeli kini bisa menyajikannya sendiri di rumah. Pastikan untuk menyiapkannya bagi keluarga di rumah juga, ya!

Cara membuat risol mayo sederhana merupakan modifikasi dari risoles klasik. Isian risol mayo biasanya berisi kombinasi sayuran dan daging. Risoles klasik yang populer di tengah jajanan favorit Nusantara ini hadir berkat pengaruh kolonial Belanda di Indonesia. Sama halnya seperti poffertjes, panekoek, bitterballen, klapertaart, bapel, dan beberapa snack yang merupakan warisan Negeri Kincir Angin.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai resep ini:

Semoga tips ini berguna bagi kamu yang ingin membuat sendiri resep risol mayu lumer ini di rumah untuk camilan sehari-hari ataupun takjil saat Ramadan. Sekarang tinggal waktunya untuk kamu beranjak ke pasar, berbelanja segala kebutuhannya, dan kemudian bersiap-siap di dapur. Yuk, sajikan resep risol mayo mudah dan favorit ini untuk temen ngeteh!

Bahan

12
 
Porsi

Adonan kulit

  • 150 g tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 250 ml susu cair rendah lemak
  • 1 sdm margarin, lelehkan

Isi

Lapisan

  • 25 g tepung terigu
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 50 g tepung panir

Cara membuat

Proses membuat kulit risol mayo keju.
1

Adonan kulit: Aduk rata semua bahan hingga menjadi adonan yang licin. Diamkan selama 30 menit. Sisihkan.

adonan risol dituangkan ke dalam wajan
2

Olesi tipis wajan datar berdiameter 22 cm dengan minyak. Tuang adonan kulit risoles, putar cepat wajan agar adonan merata ke semua sisi. Masak dengan api kecil hingga pinggiran kulit terlihat kering. Angkat dan sisihkan. Ulangi hingga adonan habis. ​

Lembaran kulit risol mayo keju.
3

Risoles: Ambil 1 lembar kulit, taruh potongan smoked beef di salah satu sisi kulit, lalu tambahkan 1 irisan keju, 2 irisan telur rebus, dan oleskan 2 sdt Hellmann’s Real Mayonnaise secara merata. Lipat sisi kiri dan kanan ke tengah. Lalu lipat dan gulung dengan rapi, lakukan hingga semua kulit habis. ​

Langkah melapisi kulit risol mayo.
4

Pelapisan kulit: Baluri risoles dengan tepung terigu, masukkan ke dalam kocokan telur, dan terakhir lumuri ke tepung panir. ​

Beberapa risol mayo keju di dalam piring dengan garnish
5

Panaskan minyak, goreng risoles hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan sajikan. ​

Nah, ada ide seru lainnya untuk makin meriahkan suasana ngemil kamu di rumah? Jangan lupa cek resep-resep lainnya di MAHI, ya!

Bahan

Hellmann's Real Mayonnaise
Hellmann's Real Mayonnaise

Coba resep lainnya

Exit mobile version