Resep Kimchi, Sajian Populer Asal Korea - MAHI
Resep kimchi tersaji.

Resep Kimchi, Menu Spesial dari Negeri Ginseng

Untuk penyuka drama Korea, tentu tak asing dengan sajian yang satu ini. Sekarang, kamu bisa membuatnya sendiri dengan resep kimchi berikut!
Resep kimchi tersaji.
Maddie | Agu 30, 2019

Makanan Korea semakin populer di Indonesia. Apalagi sejak drama Korea jadi tontonan favorit, dari ramen hingga kimchi pun ikut terkenal. Untukmu yang penasaran, kali ini tim MAHI berbagi resep kimchi yang bisa kamu coba di rumah.

Kimchi merupakan makanan fermentasi sayuran yang punya cita rasa asam dan sedikit pedas. Makanan ini cocok dijadikan menu pendamping beragam makanan, dari nasi hingga ramen. Bahkan, kimchi juga sering dijadikan bumbu untuk sup hingga nasi goreng. Rasanya yang segar memberikan cita rasa yang khas.

Kimchi juga punya banyak jenis. Di Korea, ada museum khusus kimchi yang bernama Pulmuone Kimchi Museum. Ada sekitar 80 jenis racikan kimchi yang bisa kamu temukan di sana. Museum ini dikunjungi 100 ribu orang setiap harinya!

Resep kimchi yang kita buat kali ini menggunakan sawi putih. Tapi sebenarnya, kimchi tak hanya menggunakan sawi tapi juga kubis hingga mentimun. Kimchi yang terbuat dari kubis dinamakan kkakdugi, sedangkan kimchi mentimun dinamakan oi sobaghi. Yuk, kita coba buat sendiri kimchi di rumah. Bahan-bahannya cukup mudah ditemukan kok. Simak resep lengkapnya berikut ini!

Bahan

4
Porsi

Bahan

2
kg sawi
5
lembar daun bawang
2
sdm saus tiram
½
sdm bubuk air
2
sdm cuka beras
2
sdm gula pasir
½
sdm kecap asin
10
buah cabai merah, buang bijinya
50
gr garam

Cara membuat

1

Lumuri sawi putih dan daun bawang dengan garam hingga tercampur rata. Lalu simpan selama dua jam hingga menyerap.

2

Haluskan bawang putih, cabai merah, dan bubuk cabai kering menggunakan blender. Setelah itu, campur dengan saus tiram, cuka beras, gula pasir, Royco Kaldu Ayam, dan kecap ikan. Aduk hingga rata.

3

Ambil sawi dan daun bawang, lalu lumuri dengan campuran cabai hingga tercampur rata.

4

Simpan di suhu ruang selama satu hari, atau diamkan di kulkas selama 5 hari untuk menyempurnakan rasanya.

Resep ini telah tayang di situs resmi Royco.