Resep Ikan Nila Bakar Kecap Pedas, Andalan untuk Buka Puasa

Simpan ke bagian favorit

Resep ikan nila bakar dan disandingkan dengan saus kecap manis dan pedas? Terdengar cocok tentunya untuk berbuka puasa. Yuk, kita sama-sama simak videonya dan siap untuk segera memasak!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Maddie|April 20, 2018

Ikan nila bakar kecap pedas memang cenderung selalu diperebutkan kalau kita berkunjung ke restoran seafood, atau pun kalau menemukannya di acara pesta. Ketika kita memakannya, yang dikejar adalah rasa smokey dan saus manis pedas yang nikmat disantap bersama nasi hangat. Awalnya selalu ada ragu ketika ingin mengolah resep ikan nila. Tapi aku beranikan saja mencoba karena yakin kalau resep ikan itu potensi rasa enaknya tinggi. Selain itu, kita tahu kalau daging putih memang lebih sehat daripada daging merah. Maka, dalam rangka hidup sehat, aku beranikan diri untuk menjajal resep yang satu ini. Meskipun ada tantangan lainnya yaitu proses panggang memanggang!

Kurasa aku sudah menemukan formula pas untuk mengolah ikan nila bakar kecap pedas! Apalagi nanti di bulan Ramadhan, menu ini bakal cocok banget sebagai menu buka puasa. Di akhir minggu, menu ikan bakar juga pas untuk acara barbecue bersama keluarga dan teman-teman dekat.

Sebelum mulai, kamu musti tahu dulu tentang ikan yang akan kamu masak. Tidak perlu sampai mencari alamat si ikan seperti Dory saat mencari P Sherman di film “Finding Nemo”, tapi maksudku kamu setidaknya tahu jenis ikan yang enak untuk dibakar. Ada beberapa pilihan yang tersedia, mulai dari mujair, nila, kakap atau gurame — semuanya tergantung dari anggaran yang pas dengan kantong kamu. Tapi pilihan ikan nila merah cocok untuk memperoleh tampilan yang cantik dengan harga terjangkau. Silakan dicoba!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk
Kecap Bango Manis Pedas
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis Pedas
Lihat produk
Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk

Bahan utama

  • 2 ekor ikan nila
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • ½ sdt garam
  • 1 cm jahe, parut

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 2 buah cabai rawit
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai merah besar
  • 10 g air asam jawa
  • 2 sdt ketumbar bubuk

Sambal Kecap Manis Pedas

Cara membuat

1

Setelah ikan dibersihkan, buat beberapa sayatan di kedua sisi ikan. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis yang sudah dicampur dengan sedikit garam secara merata hingga meresap ke dalam ikan. Lalu, diamkan selama 5-7 menit.

2

Panaskan wajan, beri sedikit minyak sayur dan tumis bumbu halus hingga harum selama sekitar 2 menit.

3

Tambahkan air asam Jawa dan 3 sdm Kecap Manis Bango.

4

Lumuri ikan dengan bumbu halus yang sudah ditumis. 

5

Selanjutnya panaskan panggangan dengan api kecil, lalu beri minyak sayur dan bakar ikan hingga merata di kedua sisinya. Saat sedang dipanggang, oleskan kembali sisa bumbu dengan kuas supaya lebih merata.

6

Ikan yang sudah dibakar siap disajikan dengan nasi panas dan sambal kecap manis pedas gurih.

Semakin sering kamu berlatih memanggang dan mengolah ikan, akan semakin mudah juga untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sesuai dengan rasa dan selera yang diinginkan.

Selamat berbuka puasa, teman-teman!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.