Resep Ice Tea Tamarind, Asam Manis Menyegarkan - MAHI

Resep Ice Tea Tamarind, Rasa Asam Manis yang Menyegarkan

Simpan ke bagian favorit

Penasaran dengan rasa asam segar yang memadukan antara racikan teh hitam dingin dengan asam jawa? Coba buat resep ice tea berikut ini, yuk!

15mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juni 28, 2022

Kalau sebelumnya Masak Apa Hari Ini pernah memadukan es teh manis dengan buah lemon, bunga rosella, bahkan cream cheesekali ini ada sajian yang pas untuk pulihkan kamu saat hari sedang panas-panasnya. Apa lagi kalau bukan resep ice tea tamarind? Seru, unik, dan menyegarkan!

Ada Apa dengan Asam Jawa?

Tamarind atau dikenal di Indonesia sebagai asam jawa adalah bahan masakan yang khas menyumbangkan rasa yang sesuai dengan namanya. Contohnya yang paling populer adalah sebagai bahan utama untuk sayur asem. Selain rasanya yang menjadi masam, ciri khas lain dari masakan yang menggunakan asam jawa adalah warnanya yang jadi menggelap. Asam jawa yang berbentuk seperti kacang raksasa ini juga punya padanannya yang biasa dipakai untuk aneka masakan khas Minang dengan nama asam kandis. Kemudian ada juga jenis asam lainnya seperti asam gelugur, asam sunti, ataupun asam patikala.

Bicara soal asam jawa, ternyata bahan yang satu ini kerap digunakan juga sebagai bagian dari minuman. Misalnya saja minuman tradisional yang dinamakan gula asam yang merupakan racikan dari air, garam, madu, dan asam jawa. Begitu pun untuk yang satu ini, ice tea tamarind, satu minuman menyegarkan yang pasti membuatmu ingin segera bikin, bukan?

Tips Menjadikan Ice Tea Lebih Nikmat

Teh hitam memiliki karakteristik rasa yang kuat dan berisi sehingga kerap dipilih menjadi bahan dasar pembuatan ice tea. Untuk resep ini, kamu bisa menggunakan SariWangi Teh Asli yang menggunakan jenis teh hitam. Karakter-karakter kuat pada teh hitam inilah yang menjadikan kehadirannya tetap terasa meskipun bersaing dengan bahan-bahan tambahan, terlebih dengan asam jawa yang punya rasa dominan. Metode penyeduhan yang tepat adalah dengan menggunakan air panas dan sesuai dengan resepnya, kamu perlu menginfusi dulu rasa wangi dari serai, kecut dari asam jawa, dan juga manis dari gula merah, baru kemudian melanjutkan dengan menyeduh teh.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tahapan berikutnya. Terkadang kamu tergoda untuk segera menuangkan es batu ke dalam gelas yang berisi teh yang baru saja diseduh dan ingin segera menikmati segarnya ice tea. Hal ini perlu dihindari karena akan menjadikan teh memiliki rasa getir yang akan membekas kering di mulut serta kerongkongan. Teh, seperti kopi dan banyak tanaman lainnya, memiliki kandungan yang disebut tannin. Pada suhu tinggi bila dicampurkan dengan es maka akan memicu tannin untuk menghasilkan rasa getir tersebut.

Sesuai dengan resepnya, kamu perlu menunggu dahulu teh agar turun dulu suhunya sebelum mencampurkannya dengan es. Aduk rata dan ice tea tamarind yang menyegarkan menanti untuk direguk kenikmatannya secara maksimal. Bagaimana dengan cerita dan tips membuat es teh kali ini? Semoga bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram milik Masak Apa Hari Ini dan dapatkan beragam inspirasi untuk kegiatan kamu sehari-hari di dapur!

Bahan-bahan

sari wangi
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Asli 
Beli online
  • 1200 ml air
  • 6 batang serai
  • 50 g asam jawa
  • 4 sdm gula merah sisir
  • 2 sdm madu
  • es batu

Cara membuat

1

Didihkan air bersama serai, asam jawa, dan gula merah. Kecilkan api. Masak selama 15 menit atau hingga meresap. Angkat.

2

Masukkan SariWangi Teh Asli, diamkan selama 3 menit. Saring airnya. Tambahkan madu, aduk rata.

3

Biarkan hingga tidak panas. Tuang ke dalam gelas saji yang sudah diisi dengan es batu.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.