Resep Es Teh Kampul Khas Solo yang Seger Banget - MAHI
Dua gelas es teh kampul khas Solo siap diminum.

Resep Es Teh Kampul Khas Solo, Nggak Cukup Hanya Satu Gelas

Siapkan minuman enak ini saat butuh yang segar-segar atau waktunya kumpul keluarga. Coba resep es teh kampul khas Solo, yuk!
Dua gelas es teh kampul khas Solo siap diminum.
Rian Farisa | Jan 09, 2023

Bukan seperti lemon tea pada umumnya, es teh kampul khas Solo punya satu ciri khas yang bikin rasanya makin segar dan menggoda. Sesuai namanya, ada sesuatu yang mengapung di permukaan minuman ini dan bikin semuanya jadi makin menyegarkan. Apakah itu? Simak lebih lanjut, yuk! 

Serunya Menikmati Es Teh Kampul Khas Solo 

Mengapa resep es teh ini punya nama “kampul”? Berasal dari kata “kemampul” yang artinya mengapung atau melayang-layang, minuman yang satu ini menyertakan potongan jeruk nipis yang diiris-iris dan dibiarkan terinfusi dengan tehnya. Hasilnya, selain rasa pekat dari SariWangi Teh Asli, lalu ada rasa manis dari gula pasir dan madu, serta rasa asam segar dari jeruk nipis tadi. Bercampur, semuanya menciptakan sebuah pengalaman minum teh yang berkesan. Apalagi waktu kamu butuh ngadem saat hari sedang panas-panasnya. 

Tentunya beda jenis jeruk, akan berbeda juga karakter rasanya. Lemon tea sebagai minuman sejuta umat saat bertandang ke cafe, punya cita rasa yang kamu sudah kenal dengan lama. Maka dengan resep ini, kamu bisa move on dari yang satu itu. Selain harganya lebih terjangkau, jeruk nipis juga mudah dibudidayakan di rumah sendiri. Kamu bahkan tidak perlu berepot-repot selalu belanja ke pasar hanya karena ingin membuat resep es teh kampul khas Solo ini.  

Sekarang, siapkan bahan-bahannya, yuk, dan mulai meraciknya! Selain es teh kampul khas Solo ini, kamu juga bisa membuat resep-resep teh lainnya di kesempatan berbeda. Jangan khawatir, Masak Apa Hari Ini punya banyak resep untuk kamu. Misalnya saja teh kopi yuan yang ataupun teh bunga telang. Yang satu adalah paduan kopi dan teh khas Peranakan yang populer disajikan di berbagai kopitiam. Jadi jangan lupa untuk merebus telur setengah matang dan membuat roti bakar isi selai kaya, ya! Sementara satu resepnya lagi adalah minuman teh yang dipadukan dengan bunga telang sehingga warnanya menjadi ungu. Rasanya khas dan tak kalah menyegarkan! 

Terakhir, sempatkan mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like sekalian, ya! 

Bahan

4
Porsi
800
ml air panas
8
buah jeruk peras
4
sdm gula pasir
2
buah jeruk nipis, iris
Es batu

Cara membuat

menyeduh es teh kampul khas solo
1

Seduh SariWangi Teh Asli bersama air panas selama 3-5 menit. Keluarkan kantung teh, sisihkan.

menambahkan gula pada es teh kampul khas solo
2

Aduk rata teh bersama gula pasir hingga larut. Tambahkan madu, aduk. Sisihkan.

perasan jeruk untuk es teh kampul khas solo
3

Ambil 4 buah jeruk peras, ambil Tuang air perasan jeruk ke dalam campuran teh. Sisihkan.

memasukkan irisan jeruk untuk es teh kampul khas solo
4

Iris sisa jeruk peras. Masukkan ke dalam gelas saji yang sudah diisi dengan es batu.

menikmati es teh kampul khas solo
5

Tuang campuran teh dan air jeruk peras ke dalam gelas. Sajikan.

Bahan-bahan

SariWangi Teh Asli 
SariWangi Teh Asli