Tiga es potong jadul di atas piring persegi hitam.

Resep Es Potong Jadul Super Gampang dengan Berbagai Variasi Rasa

Bikin sendiri es potong jadul di rumah, yuk! Untuk variasi rasanya bisa juga ditambahkan dengan selera kamu dan keluarga. Unik juga dijadikan ide jualan.
Tiga es potong jadul di atas piring persegi hitam.
Valentina Limbong | Agu 26, 2023

Masih ingat sama jajanan es potong jadul? Jajanan yang biasanya dijual menggunakan gerobak atau sepeda ini adalah jajanan yang mirip dengan es lilin. Hanya saja biasanya dicetak dalam plastik ukuran panjang dan dipotong sebelum disajikan. Beberapa variasi es potong yang populer adalah rasa kacang hijau, ketan hitam, avokad, mangga, durian, dan lainnya.

Karena sekarang sudah jarang yang jual es jadul ini, Masak Apa Hari Ini ingin mengajak kamu untuk mencoba bikin sendiri es potong jadul. Bikinnya gampang banget dan bahan-bahannya juga sederhana, jadi cocok banget untuk ide jualan.

Kalau tak menemukan wadah plastik es potong yang cukup panjang, kamu bisa menggunakan wadah plastik es ukuran pendek atau ukuran 1 porsi. Untuk es potong dengan isi padat seperti kacang hijau, ketan hitam, atau mangga, bekukan di freezer dengan posisi horizontal supaya isinya tersebar merata saat membeku.

Selain resep es potong jadul ini, coba juga resep es gabus, es lilin, dan popsicle rainbow untuk ide jualan jajanan nostalgia lainnya. Ikuti juga inspirasi dunia masak seru lainnya lewat akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

 

Bahan

4
Porsi

150
g daging buah mangga harum manis atau Gedong gincu, kupas, cincang
100
g bubur ketan hitam siap saji

Campuran es potong

700
ml susu cair
130
g gula pasir
65
ml santan instan
½
sdt vanili bubuk
¼
sdt garam
3
sdm tepung maizena, aduk rata bersama 5 sdm air

Cara membuat

1

Campuran es potong: Panaskan semua bahan campuran es potong kecuali tepung maizena di atas api sedang. Masak sambil diaduk hingga hampir mendidih. Masukkan larutan tepung maizena, aduk hingga tercampur rata. Angkat.

2

Bagi campuran es potong menjadi 3 bagian. Biarkan hingga tidak panas.

3

Rasa ketan hitam: Aduk rata salah satu bagian bahan campuran es potong dengan bubur ketan hitam. Tuang ke dalam kantung plastik panjang untuk es potong atau cetakan es. Posisikan es horizontal supaya ketan hitam tidak menumpuk di bagian bawah.

4

Rasa mangga: Aduk rata satu bagian campuran es potong dengan buah mangga cincang dan Buavita Mango. Tuang ke dalam kantung plastik panjang untuk es potong atau cetakan es. Posisikan es horizontal supaya daging buah mangga tidak menumpuk di bagian bawah.

5

Rasa Guava: Aduk sisa campuran es potong dengan Buavita Guava. Tuang ke dalam kantung plastik panjang untuk es potong atau cetakan es.

6

Masukkan semua es potong ke dalam freezer hingga membeku. Potong-potong es sepanjang 10 cm dan sajikan segera. Apabila es tidak akan segera disajikan, simpan dalam freezer dengan keadaan masih dalam plastik atau tidak perlu dipotong.

Gunakan Buavita untuk memberi rasa buah yang kuat dan segar pada es potong jadul.

Produk

Buavita Guava
Buavita Guava

Buavita Mango
Buavita Mango