Resep Telur Gembung Khas Padang yang Enak dan Gurih

Resep Telur Gembung, Pilihan Lauk Enak untuk Akhir Bulan

Simpan ke bagian favorit

Telur gembung adalah dadar telur khas Padang yang terkenal enak dan gurih. Praktis, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep ini. Cobain, yuk!

20mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Agustus 4, 2019

Telur gembung sering menjadi pilihanmu saat ke restoran Padang? Tebal dan gurih, telur gembung begitu lezat disantap dengan nasi putih hangat dan sambal. Tambahkan lauk khas Padang lainnya, rasanya lengkap santap siang ataupun malam.

Istimewanya telur gembung khas Padang

Omelet a la Padang ini berbahan dasar telur bebek. Bahan lainnya yang tidak kalah penting adalah poyah kelapa. Merupakan serundeng dari kelapa parut yang dibumbui dan disangrai, poyah kelapa menciptakan rasa gurih. Dibandingkan dadar telur pada umumnya, ia lebih padat karena menggunakan tepung beras dalam adonannya. Semua bahan dicampur dan diaduk rata kemudian digoreng hingga matang.

Nah, bayangkan kalau sudah matang. Cocok sekali dipadukan dengan masakan khas Minang lainnya, bukan? Sepiring nasi hangat, tambahkan potongan rendang atau dendeng, dan jangan lupa bumbu gulai serta sayur kapau. Tambahkan sambal lado mudo serta daun singkong. Waduh, indah nian semesta alam karena kekayaan kuliner Indonesia ini!

Resep mudah berbahan telur lainnya

Mudah bukan untuk membuatnya di rumah? Jika kamu masih penasaran untuk membuat olahan telur lainnya, ada beberapa resep yang patut kamu coba berikut ini!

1. Dadar telur sayur keju

Perpaduan antara telur, jamur, bayam, wortel, dengan keju parut tentu bikin telur dadar isi jadi sarapan yang sehat dan mengenyangkan. Di dalam resep ini sudah lengkap kandungan protein, lemak, sekaligus serat dari sayuran segar. Sandingkan saja dengan jamur tumis, daging asap, tomat panggang hingga kentang goreng ataupun baked beans. Asyiknya memasak hidangan brunch di rumah aja.

Resep lengkap dadar telur sayur keju.

2. Telur petis Madura

Mudah karena prosesnya hanya perlu ditumis dan murah karena telur adalah bahan utamanya. Kuah pada masakan ini terasa mantap karena menggunakan santan dengan bumbu petis dan rasa manis dari kecap. Ingin mengurangi yang santan-santan? Tidak masalah, karena kamu bisa menggantikannya dengan susu rendah lemak atau mencampurnya.

Resep lengkap telur petis Madura.

3. Telur bumbu Bali daun jeruk

Tumis bumbu halus yang terdiri dari terasi, bawang, cabai, dan tomat. Jangan lupa tambahkan daun salam agar wangi. Setelah matang, tumis bumbu bersama telur ayam yang sudah direbus dan kecap manis. Setelah dibumbui dan ditambahkan sedikit air, tunggu hingga matang dan tambahkan daun jeruk. Segar dan mengundang selera!

Resep lengkap telur bumbu Bali daun jeruk.

Semakin banyak saja nih koleksi masakan telurnya. Protein lezat yang murah meriah ini selalu jadi andalan di saat kapanpun. Setelah tahu cara membuat telur gembung ini, pastikan untuk menyiapkannya dari waktu ke waktu. Selamat masak!

Bahan-bahan

Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng
Yang diperlukan:
Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng
Beli online

Bahan

  • 6 butir telur bebek
  • 2 sdm kelapa parut sangrai
  • 2 sdm tepung beras
  • 8 butir bawang merah, cincang
  • 2 buah cabai merah, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 batang seledri, iris tipis
  • 4 sdm minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Dalam mangkuk, masukkan telur, tepung beras, kelapa parut sangrai, bawang merah, cabai merah, daun bawang, seledri. Tambahkan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng. Aduk rata.

2

Panaskan minyak dalam wajan. Tuang adonan telur ke wajan. Tusuk bagian tengah adonan telur dengan sendok kayu agar telur melebar. Masak telur hingga matang kedua sisi.

3

Angkat, tiriskan. Potong-potong jika sudah hangat. Sajikan.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Royco.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.