Resep Chicken Teriyaki, Sahur Gaya Jepang - MAHI

Resep Chicken Teriyaki, Menu Sahur Lezat Gaya Jepang

Simpan ke bagian favorit

Makanan gaya restoran yang menarik dan enak bakal membuat sahur kamu lebih berselera. Yuk, segera coba masak resep chicken teriyaki berikut!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Maret 30, 2022

Buat kamu pencinta masakan Jepang, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya resep chicken teriyaki. Cita rasanya tak pernah gagal menggugah selera, bukan? Untuk kamu yang penasaran memasaknya, inilah waktu yang tepat untuk mencobanya di rumah. Apalagi di bulan Ramadan, kamu bisa menjadikannya sebagai santap sahur yang menggoda!

Sebelum mulai memasak, ada beberapa fakta menarik mengenai makanan ini. Istilah teriyaki sendiri bukanlah nama dari saus manis gurih yang menyelimuti resep chicken teriyaki ini. Teriyaki adalah teknik memasak klasik khas Jepang sejak abad ke-18 yang menggunakan saus tare. Saus ini tradisionalnya terdiri dari kecap asin, mirin, dan gula, yang dimasak atau dipanggang bersama protein hewani hingga meresap.

Apa sajakah protein yang umum digunakan selain ayam seperti pada resep ini? Banyak! Paling populernya adalah ikan, seperti salmon yang sering kamu temui di berbagai restoran Jepang. Kemudian segala jenis daging putih dan daging merah bisa diolah dengan metode masak ini. Dari daging sapi, daging kambing, bahkan kini hamburger ataupun beberapa jenis seafood selain ikan. Orang Indonesia sudah lama mengenal cita rasa teriyaki dan tak heran bila popularitasnya selalu terjaga. Bisa dibilang, hampir semua kedai atau restoran Jepang di Indonesia selalu menyediakan menu yang satu ini.

Untuk resep chicken teriyaki kali ini, kamu tak perlu membayangkan segala keribetan dari proses masak ataupun membuat saus dari bahan-bahan tradisional yang mungkin tidak mudah untuk didapatkan ini. Kamu bisa mengakalinya dengan cara yang lebih simpel dan tak kalah lezatnya. Pertama, tak perlu dipanggang, cukup ditumis saja dengan sedikit minyak. Masak dahulu daging ayam dengan tumisan bawang putih dan jahe, lalu jangan lupa membumbui. Untuk “saus teriyaki“-nya kamu bisa menggunakan kombinasi Royco Saus Tiram dan Bango Kecap Manis. Rasa gurih dan manis legit berpadu dengan daging ayam, jamur, bawang bombay, dan paprika. Lezat!

Selain resep chicken teriyaki ini, yuk, simak terus ide-ide masak lainnya! Jangan lupa juga untuk follow dan like akun Instagram Masak Apa Hari Ini untuk update resep terbaru. Untuk kamu yang ingin request resep, pastikan untuk meninggalkan pesan atau komentar, ya. Mungkin saja resep yang kamu request akan dipilih untuk tampil di channel YouTube serta Instagram!

Bahan-bahan

  • 400 g filet dada ayam tanpa kulit, potong kotak 3 cm
  • 100 g jamur merah, belah 4 bagian
  • 1 buah paprika, buang bijinya, iris memanjang
  • 1 buah bawang bombay, belah 2 bagian, iris tebal
  • 6 siung bawang putih, cincang
  • 2 cm jahe, memarkan
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan daging ayam, garam, dan merica, aduk.

2

Tambahkan jamur, Royco Saus Tiram, dan Bango Kecap Manis, tumis hingga daging ayam hampir matang.

3

Masukkan bawang bombay dan paprika, aduk hingga layu. Angkat. Sajikan.

Selamat masak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.