Resep Ayam Sioh Tauco, Manis Gurih Sajian Khas Peranakan

Manis, gurih, asam menjadi citarasa unik masakan yang satu ini. Pernah coba resep ayam sioh tauco khas Peranakan sebelumnya? Kalau belum, inilah saatnya untuk mencoba.

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Wina|Mei 20, 2018

Resep Ayam Sioh Tauco adalah masakan khas Peranakan yang kelezatannya sudah duluan melegenda di Malaysia hingga kini mulai dikenal di Indonesia. Tentuna, masakan Peranakan selalu punya tempat khusus di hati orang Indonesia.

Meski terlahir sebagai orang Indonesia, aku tidak pernah membatasi eksplorasi kuliner hanya di ranah negeri sendiri saja. Kalau kamu perhatikan dengan seksama, kuliner milik negara tetangga biasanya memiliki kemiripan dengan kuliner Indonesia. Misalnya di Italia ada spaghetti, di Jepang ada ramen, dan di Indonesia ada bakmi. Setiap negara pasti punya interpretasinya masing-masing. Resep Ayam Sioh Tauco ini merupakan interpretasi kuliner Melayu dan Tionghoa yang kita kenal dengan istilah Peranakan. Inilah yang menjadikan kuliner Asia Tenggara lebih berwarna dan unik.

Kenapa disebut sebagai masakan Nyonya Peranakan? Pada zaman dulu, ‘Nyonya’ adalah panggilan kehormatan untuk para istri-istri keturunan Tionghoa. Para Nyonya ini kemudian dikenal akan masakan rumahan mereka yang lezat. Gaya masakannya sendiri terbagi dua, Nyonya Peranakan Penang dan Nyonya Peranakan Malaka. Yang membedakan keduanya adalah cita rasa dari masing-masing masakan. Kalau masakan Nyonya Peranakan Penang cenderung asam pedas, masakan Nyonya Peranakan Malaka lebih didominasi oleh paduan rempah-rempah.

Kalau kamu bertanya pada orang Malaysia apakah mereka familiar dengan ayam sioh, pasti mereka akan mengiyakan dengan antusias. Makanan ini dikenal sebagai masakan olahan ayam yang menggunakan paduan asam jawa dan ketumbar pada bumbunya. Penambahan tauco-lah yang menjadikan citra Peranakannya menjadi kental.

Cita rasanya cukup unik lho! Ketumbar yang dikombinasikan dengan asam jawa, tauco, dan kecap manis bisa menyelaraskan rasa dari seluruh hidangan. Di dalam satu sendok suapan ayam sioh tauco ini tersembunyi rasa manis, asam, dan gurih. Karena diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuat daging ayam empuk, sebaiknya kamu tidak dalam keadaan terburu-buru saat memasak menu ini. Sisihkan waktu setidaknya satu setengah jam agar masakan kamu maksimal enaknya. Hidangkan untuk berbuka puasa agar semuanya lebih istimewa. Keluargamu pasti penasaran dengan masakan yang satu ini!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Kecap Bango Manis
Lihat produk
Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 2 ekor ayam, potong 12 bagian
  • 20 butir bawang merah, haluskan
  • 10 sdm tauco
  • 3 sdm ketumbar butiran, haluskan
  • 3 sdm air asam jawa
  • 6 sdm gula
  • 4 sdt garam
  • 500 ml air

Cara membuat

Resep Ayam Sioh Tauco
1

Tumis bawang merah hingga harum. Kemudian masukkan tauco dan ayam. Masak hingga ayam berubah warna.

Resep Ayam Sioh Tauco
2

Tambahkan Kecap Manis Bango dan ketumbar. Aduk rata.

Resep Ayam Sioh Tauco
3

Tambahkan air asam jawa dan bubuhi gula, garam, serta Royco Kaldu Ayam. Aduk rata.

Resep Ayam Sioh Tauco
4

Tambahkan air dan masak hingga ayam empuk dan kuah mengental. Ayam Sioh Tauco siap disajikan.

Penasaran dengan masakan Peranakan lainnya? Kapan-kapan aku akan berbagi menu-menu lainnya untuk kamu coba di rumah ya!

Aku jamin masih banyak kombinasi seru lainnya yang bisa kamu terapkan di rumah hanya dengan berbekal kecap manis. Jadikan resep Ayam Sioh Tauco ini resep perdanamu menuju banyaknya keseruan lain mencoba memasak hal-hal yang baru!