Resep Ayam Kecap Mentega Sederhana dengan Rasa Menggoda

Banyak cara untuk mengolah ayam dari berbagai resep menarik di Indonesia. Salah satunya adalah yang satu ini, resep ayam kecap mentega sederhana.

40mnt
6 Porsi
Mudah
Dilla|April 20, 2018

Saat melihat resep ayam goreng kecap mentega, aku sempat mengira proses masaknya akan sulit. Ternyata, setelah dapat resep dari MAHI, kenyataannya justru sebaliknya! Karena itu, aku ingin berbagi resep ayam kecap mentega sederhana yang aku yakin pasti bisa kamu praktekkan juga.

Ayam goreng kecap mentega biasanya bisa ditemukan di restoran-restoran khas chinese food, penampilannya yang sederhana inilah yang membuat masakan ini selalu terlihat seperti makanan rumahan.

Untuk resep ayam kecap mentega sederhana yang kubuat ini sama sekali tidak membutuhkan rempah-rempah khas Indonesia. Bahkan, banyak sentuhan bumbu khas kuliner asing di sini yang tidak kalah lezatnya. Penggunaan mentega jelas memiliki peranan penting sesuai namanya. Sisanya kamu hanya perlu menyiapkan saus tiram dan kecap Inggris. Kedua bumbu ini memang cocok bila dipadankan bersama. Rasanya yang bercampur antara asam, manis, dan gurih menjadi kunci rahasia kenikmatan di banyak resep. Kalau kamu menambahkan kecap manis, semua rasa ini akan terasa lebih kuat.

Cara memasaknya terbilang cepat dan tidak membutuhkan banyak langkah terpisah, selain mempersiapkan sausnya. Pertama, yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan potongan-potongan ayamnya. Misalnya ingin lebih sedap, kamu bisa menggunakan potongan paha saja. Kalau membeli ayam utuh, bisa dipotong menjadi banyak bagian kecil dan semuanya hanya perlu digoreng terlebih dahulu.

Bahan sausnya sendiri hanya perlu disatukan saja dan dididihkan. Selebihnya tinggal dituang saat panas bersama ayam yang telah digoreng. Aduk hingga merata, angkat dan ayam goreng kecap mentega sederhana nan nikmat tiada tara ini siap disajikan. Prosesnya yang cepat memungkinkan kamu untuk mempersiapkannya tak lama sebelum acara makan malam. Dengan begitu, suami dan anak pun bisa menikmatinya dalam keadaan hangat bersama nasi putih dan menu lainnya.

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk

Bahan utama

  • 1 ekor ayam sedang, potong 12 bagian
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 3 batang daun bawang, potong serong
  • 2 sdm margarin
  • 400 ml minyak sayur

Bahan saus

  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap Inggris
  • ½ sdm gula pasir
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 100 ml air matang

Cara membuat

1

Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Goreng ayam hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

2

Panaskan margarin dan tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bawang bombay dan masak hingga layu.

3

Tuangkan bahan saus dan didihkan. Tambahkan ayam yang telah digoreng dan masak hingga bumbu meresap.

4

Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Angkat.

5

Ayam kecap mentega sederhana siap disajikan.

Sesuai namanya, sederhana bukan cara membuatnya? Tapi dari segi rasa bisa dipastikan lebih dari sekadar sederhana. Selamat mencicipi!


Resep ini pernah dimuat di: www.bango.co.id/resep/detail/1698/ayam-kecap-mentega

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.