Jenis Masakan


Resep Ayam Goreng Serundeng Belacan, Lauk Favorit untuk Piknik Keluarga

Simpan ke bagian favorit

Ayam goreng serundeng belacan jadi pilihanku untuk bekal piknik keluarga kali ini. Berikut resepnya yang mudah untuk dicoba di rumah!

1jam
4 Porsi
Mudah
Dilla|September 21, 2019

Ayam goreng serundeng belacan jadi pilihanku untuk dibawa sebagai bekal keluarga di akhir pekan. Membayangkan menu ini disandingkan dengan nasi putih, sambal, dan lalapan segar. Acara piknik pasti lebih berkesan!

Kali ini, aku menggunakan bumbu belacan dan serundeng kelapa. Serundeng kelapa adalah kelapa parut goreng berwarna kuning kecokelatan yang garing menyerupai kremesan. Sebelum digoreng, kelapa parut diberi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, gula, cabai, ketumbar, dan lainnya. Setelah dibumbui, kelapa digoreng atau sangrai hingga matang.

Nah, untuk mendapatkan serundeng kelapa yang enak ternyata ada triknya. Pertama, pilih kelapa tua untuk diparut. Kedua, sebaiknya beli kelapa di hari kamu memasak agar parutan kelapa tidak cepat basi.

Ternyata tidak sulit bukan? Selain ayam goreng serundeng, aku mau coba resep lain untuk dibawa piknik seperti tempe fries, ravioli goreng isi ayam, dan onigiri abon.

Bahan-bahan

Bahan

  • 800 g daging ayam, potong jadi 8 bagian
  • 1 bungkus Royco Ayam Goreng Belacan
  • 250 ml air
  • 100 g kelapa parut kasar
  • 400 ml minyak, untuk menggoreng
  • 2 lembar daun jeruk, iris tipis

Cara membuat

1

Panaskan wajan, masukkan ayam, kelapa, air, Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Goreng Belacan, dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga matang dan air mengering. Sisihkan kelapa.

2

Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

3

Goreng kelapa parut hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

4

Sajikan ayam goreng dengan taburan serundeng kelapa.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Royco.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.