Resep Ayam Bakar Kalasan Manis, Gurih, dan Lezat - MAHI
Piring berisikan ayam bakar Kalasan, sambal, dan pelengkap lainnya.

Resep Ayam Bakar Kalasan, Bikin Makin Rindu Jogja

Sedang mencari menu makan malam istimewa bareng keluarga? Coba dulu resep ayam bakar Kalasan ini! Rasanya yang nikmat bikin ingin tambah terus!
Piring berisikan ayam bakar Kalasan, sambal, dan pelengkap lainnya.
Rian Farisa | Nov 15, 2022

Sebagai penggemar ayam goreng Kalasan belum lengkap pengalaman kulinernya kalau belum mencoba padanannya. Ya, masih berasal dari tempat yang sama, ada resep yang namanya ayam bakar Kalasan. Dapur Masak Apa Hari Ini sudah mengujicoba resep ini dan dijamin antigagal. Jadi, bagaimana kalau kamu coba masak juga? Sebelum ke sana, baca dulu artikelnya, yuk!

Apakah Ayam Bakar Kalasan Itu?

Sering mendengar kata Kalasan namun mungkin saja ada yang bertanya-tanya apakah itu sebenarnya. Kalasan adalah sebuah nama daerah yang lokasinya dekat dengan Candi Prambanan di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana, ada satu restoran ternama yang mempopulerkan resep ayam gorengnya. Meskipun nama restorannya sekarang sudah dipatenkan, namun olahan ayamnya sudah keburu dikenal masyarakat luas dan dilabeli dengan kata Kalasan.

Kemudian, ada yang juga yang namanya resep ayam bakar Kalasan. Begitu khas karena menggunakan air kelapa pada saat proses mengungkep ayam beserta segenap bumbu dan rempah lainnya. Hasilnya, ayam menjadi lebih empuk serta ada cita rasa manis gurih yang khas. Lalu, apa lagi yang menjadikannya istimewa? Bumbu olesan ayam saat proses membakar adalah sisaan bumbu ungkep tadi, sehingga tak heran bila rasanya spesial. Lalu ada sambal bajak, kecap manis, dan juga lalapan segar yang menemani. Wah, sepiring nasi rasanya takkan pernah cukup!

Rekomendasi Menu Ayam Lainnya

Sebagai salah satu protein favorit, tentunya mudah untuk mengolah daging ayam menjadi berbagai macam resep masakan rumahan. Setelah mencoba ayam bakar Kalasan hari ini, kamu bisa juga berkreasi dengan resep-resep ayam lainnya yang tak kalah lezatnya.

Asli dari Lombok, kamu bisa mencoba ayam taliwang-nya yang ternama. Kemudian ada juga ayam rica-rica kemangi khasnya Sulawesi Utara. Terakhir, coba juga ayam goreng lengkuas yang punya racikan tersendiri dan tidak menggunakan kremesan seperti ayam goreng Kalasan.

Sudah siap masak hari ini? Sekalian mampir-mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya!

Bahan

4
Porsi
1
ekor ayam, potong 4 bagian, buang kulitnya
600
ml air kelapa
2
lembar daun salam
3
cm lengkuas, memarkan
1
batang serai, memarkan
1
sdt asam jawa, larutkan dengan 1 sdm air panas
2
sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

8
butir bawang merah
6
siung bawang putih
1
sdm ketumbar
1
sdt garam

Sambal

10
buah cabai rawit merah
6
butir bawang merah
3
siung bawang putih
1
sdt terasi, bakar
1
sdt garam
Minyak, untuk menggoreng

Lalapan

2
buah mentimun, potong serong
70
g daun selada
70
g daun kemangi

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk rata.

2

Tuang air kelapa, masak hingga mendidih. Kecilkan api.

3

Masukkan air asam jawa, Bango Kecap Manis, dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata. Masak hingga daging ayam matang. Angkat.

4

Siapkan grill pan atau wajan datar antilengket, panggang daging ayam sambil diolesi dengan sisa bumbu ungkep hingga permukaannya mengering. Angkat. Sisihkan.

5

Sambal: Panaskan minyak, goreng cabai, bawang merah, dan bawang putih hingga matang. Selagi masih panas, haluskan bersama Bango Kecap Manis, terasi, dan garam. Sisihkan.

6

Sajikan ayam bakar kalasan bersama sambal dan lalapan.

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis

Royco Kaldu Ayam
Royco Kaldu Ayam