Resep Ayam Asam Manis untuk Bekal Maksi - MAHI

Resep Ayam Asam Manis untuk Bekal Makan Siang

Simpan ke bagian favorit

Bikin ayam asam manis untuk bekal, yuk! Lauk yang pas untuk teman sayur dan nasi hangat. Tambahkan Saus Sambal Jawara untuk rasa lebih mantap.

45mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Mei 29, 2022

Sebagai salah satu sumber protein utama yang mudah didapat dan harganya terjangkau, dapur Indonesia punya banyak sekali variasi olahan daging ayam. Selain ayam goreng, ayam bakar, ayam kecap yang sudah ada di MAHI, kali ini aku ingin berbagi resep Ayam Asam Manis sederhana yang lezat!

Resep ini cocok sekali buat kamu yang ingin masakan daging ayam tanpa kulit dan tanpa digoreng. Tahap pertama daging ayam direbus supaya hingga setengah matang. Alasannya agar daging lebih cepat matang saat dimasak selanjutnya. Yaitu dengan cara ditumis bersama saus asam manis.

Bumbu ayam asam manis versi ini tentu lebih praktis dengan Jawara Saus Sambal Hot dan Bango Kecap Manis di dalamnya. Aku menggunakan tomat rebus cincang sebagai pemberi rasa sedikit kecut di dalam sausnya. Jadilah semudah itu membuat resep ayam asam manis pedas, bukan?

Yuk, mulai belanja bahan-bahan dan masak Ayam Asam Manis yang bebas repot ini! Siapkan untuk bekal atau makan siang enak di rumah bersama keluarga.

Bahan-bahan

saus sambal jawara hot
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Hot
Beli online
  • 1 ekor ayam, potong 8, buang kulit
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 sdt garam
  • 1 L air, untuk merebus
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Saus asam manis

Cara membuat

1

Lumuri daging ayam dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Cuci bersih, tiriskan.

2

Rebus daging ayam selama 10 menit atau hingga setengah matang. Tiriskan daging, buang airnya.

3

Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. Masukkan jahe, Bango Kecap Manis, tomat, Jawara Saus Sambal Hot, aduk.

4

Masukkan air, daging ayam rebus, merica, dan Royco Kaldu Ayam, aduk. Masak hingga bumbu meresap. Tambahkan daun bawang, aduk. Masak hingga layu. Angkat dan sajikan.

Mudah bukan membuatnya? Selamat berkreasi di dapur!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.