Cara Membuat Saus Tomat Sehat

Simpan ke bagian favorit

Dengan mengetahui cara membuat saus tomat sendiri, berarti kita sudah memulai program hidup sehat kita. Selain itu, saus tomat juga punya banyak kegunaan lainnya. Cari tahu yuk cara membuatnya!

1jam
Cukup rumit
Maddie|Desember 11, 2018

Meskipun banyak dari kita yang mengandalkan saus botolan karena alasan praktis, sebetulnya banyak faedah yang bisa didapat dengan mengetahui cara membuat saus tomat sendiri. Tidak hanya kita bisa berhemat, tapi saus tomat bikinan sendiri bisa lebih sehat karena tidak mengandung pengawet ataupun gula berlebih. Tapi yang paling memotivasi ternyata cara membuatnya yang simpel dan tidak perlu waktu lama!

Orang Indonesia memang terkenal kalau berurusan soal saus ataupun sambal. Semua begitu menyukainya! Dari sambal ulekan sendiri di rumah hingga menikmati makanan-makanan kekinian yang super pedas. Apalagi masakan Indonesia sejatinya lebih nikmat bila ditambahkan sambal. Nah, kultur yang sudah mengendap sekian lama ini menjadikan bisnis saus botolan begitu dahsyat suksesnya. Dari kecap, sambal, hingga saus tomat – semua orang Indonesia tak segan-segan membelinya!

Bicara soal saus tomat, Chef menyarankan sekali untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Karena dari resep yang satu ini, kamu bisa menyiapkan bahan-bahanmu sendiri, mengetahui kualitasnya, bahkan mengontrol rasanya. Cara membuat saus tomat ini diperuntukkan untuk ukuran 500 ml dan bisa disimpan di kulkas selama seminggu. Cocok semisalnya kamu ingin menggunakan ini sebagai cocolan panganan sehari-hari, menikmati nachos, hingga membuat pasta. Untuk yang terakhir, cukup tambahkan saja daging cincang dan parutan keju. Mantap!

Oke, sekarang kita simak bersama-sama ya video cara membuatnya dan ikuti langkah-langkah mudahnya dari saya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Beli online

Bahan

  • 1 kg tomat, buang biji dan potong dadu kecil
  • 2 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 4 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil
  • 1 sdt daun oregano kering
  • 1 sdt daun thyme, cincang
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

Menumis bahan-bahan dasar sebagai permulaan dari cara membuat saus tomat.
1

Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan bawang putih dan wortel. Tumis kembali selama 2 menit.

Menambahkan berbagai herba adalah satu langkah dalam cara membuat saus tomat.
2

Masukkan tomat, oregano, thyme, gula, dan Royco Kaldu Ayam.

Memasak tomat sebagai satu langkah dalam cara membuat saus tomat.
3

Masak dengan api besar sambil diaduk hingga tomat layu. Kecilkan api, masak saus tomat di atas api yang sangat kecil selama 1-2 jam atau hingga mengental. Angkat.

Cara membuat saus tomat selesai dan saus bisa disajikan.
4

Saus tomat siap digunakan.

Masih perlu ide-ide lain dimana kamu bisa memadukan saus tomat yang sedap ini? Jangan lupa cek bahasan Chef waktu itu secara lebih mendalam di Masak Apa Hari Ini. Semangat selalu memasaknya ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.