Jenis Masakan


5 Resep Makanan Rumahan Praktis dan Bisa Dibuat dalam Waktu Singkat

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Maret 13, 2020

Butuh ide-ide masak baru tapi tidak bikin repot di dapur? Kali ini Tim MAHI punya beberapa pilihan resep makanan rumahan praktis yang bisa dibuat dalam kurang dari satu jam!

Tips utama memasak cepat ada pada pemilihan bahan dan proses persiapan. Ada kalanya memasak jadi lama karena proses persiapannya, misalnya seperti membersihkan protein hingga mengirisnya bahan satu per satu. Kita bisa memotong waktu dengan melakukan persiapan menyeluruh terlebih dahulu. Contohnya dengan membuat bumbu ulek kuning atau bumbu ulek merah, sehingga kita tidak perlu lagi mengiris cabai dan bawang. Seiring berjalannya waktu, kita akan lebih cepat dan terbiasa dalam melakukannya.

Selain itu, kita juga bisa memilih bahan masakan yang cepat matang. Misalnya saja, pilih udang atau cumi yang bisa matang dan empuk dalam waktu cepat. Begitupun dengan sayuran, bayam dan kangkung lebih cepat matang dibandingkan wortel misalnya. Memulai dari bahan-bahan yang kita kenal dan berkreasi dengan resep-resep yang sesuai akan mempermudah kegiatanmu di dapur. Tidak lama, hidangan siap dinikmati oleh keluarga di rumah.

Jika persiapan sudah oke, kita bisa langsung mengolah resep makanan rumahan praktis berikut ini!

1. Tumis kentang ayam cincang, bergizi dan mengenyangkan

Mangkuk berisi tumis kentang ayam cincang tersaji di atas meja kayu dan didampingi kacang kapri.
Tersaji hangat, menu tumisan yang satu ini tak hanya bergizi namun juga mengenyangkan. (Foto: MAHI)

Sajian yang super mudah ketika diolah. Hanya saja sebelumnya kita perlu berbelanja sejenak ke pasar atau supermarket untuk belanja kebutuhan seperti kentang, kapri, dan daging ayam cincang. Selebihnya kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dasar seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, daun bawang, dan margarin.

Resep ini sejatinya tidak membutuhkan waktu lama dalam membuatnya. Dahulukan proses menggoreng kentang yang telah dipotong dadu. Kemudian ketika proses menumis bersama bahan-bahan lainnya dimulai maka akan selesai dalam waktu yang singkat saja.

Cari tahu berikut ini untuk resep lengkap tumis kentang ayam cincang.

2. Nasi goreng Jawa, favorit di malam hari

Resep makanan rumahan nasi goreng jawa tersaji dengan telur mata sapi.
Manis gurih resep makanan rumahan berupa nasi goreng khas Jawa memang tiada bandingannya! (Foto: MAHI)

Tidak adil rasanya kalau tidak menyebutkan nasi goreng dalam rangkaian resep-resep terpilih ini. Apalagi untuk nasi goreng Jawa, semua pasti sudah mengenalnya dan stok bahan serta bumbunya biasanya selalu tersedia di rumah.

Nasi goreng khas Indonesia terkenal karena rasa lezat yang datang dari bumbu halusnya. Ada paduan bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, dan ebi di sana. Selebihnya kita siapkan nasi kemarin dan kita masak bersama daun bawang, telur ayam, bakso, daging ayam, serta kol dan caisim. Bumbui dengan garam dan merica dan bubuhkan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng serta Bango Kecap Manis. Sesuai dengan seleramu, sajikan bersama telur mata sapi ataupun telur dadar.

Simak lebih lanjut untuk resep lengkap nasi goreng Jawa.

3. Tumis bayam jagung tahu, sajian yang bernutrisi

Piring persegi panjang putih berisikan tumis bayam jagung tahu dan tersaji di atas meja kayu.
Tumis bayam jagung tahu adalah resep lezat dan bergizi yang mudah untuk dimasak. (Foto: MAHI)

Penuhi kebutuhan nutrisi sehat tubuh kita dengan resep tumisan yang satu ini. Dengan berbekal isian bayam, jagung, dan tahu, padukan dengan hidangan lainnya agar kelezatannya semakin komplit. Siapkan tahu putih yang telah digoreng terlebih dahulu. Kemudian tumis bersama bayam dan jagung serta bumbui sedikit Royco Kaldu Ayam. Sajikan saat hangat bersama nasi putih ataupun nasi merah.

Simak tautan berikut untuk resep lengkap tumis bayam jagung tahu.

4. Tumis tempe kecap, resep makanan rumahan andalan

tumis tempe kecap
Tumis tempe kecap selalu jadi hidangan pendamping yang dicari-cari. (Foto: MAHI)

Belum sah jadi orang Indonesia kalau tidak melibatkan protein nabati tercintanya yaitu tempe. Apalagi kalau kita baru saja membahas teman baiknya yaitu tahu. Seperti yang kita ketahui, tempe adalah bahan yang sangat mudah diolah dan bisa dijadikan macam-macam masakan. Untuk resep makanan rumahan yang satu ini, siapkan bahan-bahan dasar seperti bawang, cabai, lengkuas, dan daun salam. Tumis tempe bersamanya dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam serta Bango Kecap Manis. Selesai dalam sekejap!

Cari tahu di sini untuk resep lengkap tumis tempe kecap.

5. Sup ayam bening, hangat dan menyegarkan

Mangkuk berisi sup ayam bening dengan sayuran berupa wortel, kentang, dan buncis.
Sup ayam bening, mudah dibuat dan menghangatkan. Cocok saat musim hujan ataupun saat pemulihan. (Foto: MAHI)

Setelah beberapa menu tumisan dan nasi goreng, hidangan sup jadi alternatif masakan rumahan praktis berikutnya. Siapkan rebusan ayam terlebih dahulu dan potong-potong tiga jenis sayuran seperti kentang, wortel, dan juga buncis. Masukan tumisan margarin dan bawang ke dalam kaldu yang telah berisikan ayam rebus. Masak bersama sayuran dan tambahkan pelengkap. Inilah hidangan sehat dan menghangatkan yang bisa dimasak di bawah satu jam saja.

Simak resep lengkap sup ayam bening.

Tak perlu menunggu lama, yuk langsung praktikkan kelima resep makanan rumahan di atas!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.